Selamat

Minggu, 20 Juni 2021

PARIWISATA

11 Mei 2021|16:12 WIB

Taman Margasatwa Ragunan Buka H+1 Lebaran

Ragunan hanya akan memberlakukan kuota pengunjung sebanyak 30% dari kapasitasnya

Penulis: Dwi Herlambang,

Editor: Yanurisa Ananta

ImagePengunjung mengambil foto burung Pelikan dengan poselnya di Kebun Binatang Ragunan, Minggu (27/12/2020). ANTARAFOTO/Muhammad Adimaja

JAKARTA – Taman Margasatwa Ragunan (TMR) akan kembali beroperasi pada H+1 Hari Raya Idulfitri. Bagi para calon pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di TMR, ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi.

Ragunan hanya akan memberlakukan kuota pengunjung sebanyak 30% dari kapasitasnya. Hal ini untuk menghindari kepadatan dan kerumunan di dalam area Taman Margasatwa Ragunan.

"Setelah mencapai kapasitas, maka TMR akan tutup," tulis pengelola dalam laman resmi ragunanzoo.jakarta.go.id, Selasa (11/5).

Untuk sementara, mulai tanggal 8-30 Mei 2021, hanya pengunjung dengan KTP DKI Jakarta saja yang boleh memasuki TMR. Pengunjung juga harus lebih dulu mendaftar online sehari sebelum waktu kunjungan. Tidak ada batasan usia bagi pengunjung, ibu hamil diperbolehkan datang. 

"Pastikan selalu menjaga Protokol Kesehatan selama berada di Taman Margasatwa Ragunan agar #rekreasinyamantetapaman," lanjutnya.

Sesampainya di Taman Margasatwa Ragunan, pengunjung bisa menempatkan kendaraan sesuai tempat yang sudah ditetapkan. Lalu, lakukan pemeriksaan suhu tubuh, menunjukkan bukti pendaftaran online kepada petugas di loket untuk diverifikasi.

Selanjutnya, pengunjung harus membeli kartu perdana Jakcard atau isi ulang saldo kartu Jakcard di loket pelayanan, melakukan cuci tangan pada tempat yang telah disediakan di pintu masuk, membersihkan alas kaki dengan keset desinfektan yang telah disediakan. Juga melakukan tapping secara mandiri di gate dan masuk area TMR dengan mengikuti petunjuk arah yang telah ditetapkan.

Pihak pengelola tidak akan memperkenankan pengunjung dengan suhu tubuh 37,5 derajat celsius masuk area TMR, sekalipun sudah melakukan reservasi online. TMR beroperasi pada hari Selasa sampai Minggu mulai pukul 07:00 hingga 14:00.

"(Mohon) Mengikuti alur atau arah tempuh yang ditetapkan dalam area TMR agar tidak terjadi penumpukan di satu tempat dan pengunjung diharapkan untuk selalu bergerak," pungkas pengelola TMR. (Dwi Herlambang)

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER