Selamat

Minggu, 20 Juni 2021

PARIWISATA

11 Mei 2021|10:57 WIB

"Surga" Tersembunyi di Sumba Timur

Air Terjun Waimarang menjadi salah satu destinasi yang tidak boleh terlewat saat berkunjung ke Sumba Timur

Penulis: Dwi Herlambang,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageAir Terjun Waimarang. Sumberfoto: Shutterstock/dok

JAKARTA - Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu destinasi liburan yang menyimpan segudang tempat wisata eksotis dan menarik untuk dikunjungi. Mulai dari perbukitan, padang rumput, pantai, air terjun.

wisata air Terjun Waimarang adalah satu dari sekian nama yang wajib untuk didatangi. Bagaimana tidak, keindahan alam dan birunya air tidak bisa tidak akan memanggil wisatawan untuk datang.

Air Terjun Waimarang terdiri dari tiga tingkat yang dikelilingi oleh tebing tinggi berwarna hitam kecoklatan serta dilapisi lumut berwarna hijau yang menampilkan gradasi warna. Airnya yang bening kebiruan membuat masyarakat akan betah berlama-lama sambil berenang bebas.

Jika memiliki cukup adrenalin, masyarakat bisa memanjat ke tebing tingkat kedua dan selanjutnya loncat ke bawah. Tentu saja hal itu bisa sekaligus diabadikan dengan sebuah jepretan momen ponsel. Hasil foto yang bagus sudah tentu bisa diunggah di kanal Instagram wisatawan.

Air Terjun Waimarang terletak di Desa Waimarang, Sumba Timur. Jika pergi dari pusat Kabupaten Sumba Timur di Waingapu, bisa ditempuh selama dua jam menggunakan kendaraan bermotor. Akses menuju ke lokasi memang cukup menantang--mulai dari off road, sabana, hingga perkampungan masyarakat.

Lalu dari tempat parkir ke lokasi juga harus ditempuh lagi selama 30 menit dengan berjalan kaki. Tentu saja pengalaman trekking ini akan menjadi nilai plus sebelum bertemu keindangan air terjun Waimarang.

Walaupun medan jalannya menantang, wisatawan akan disuguhkan padang rumput yang terhampar luas di kanan-kiri jalan yang sehingga membuat perjalanan tidak begitu melelahkan karena dapat sekalian melihat pemandangan yang menyejukkan.

Karena air terjun Waimarang masih sangat alami maka disini belum ada fasilitas umum seperti toilet dan lainnya. Maka disarankan, kenakan baju renang, dan melapisinya dengan pakaian ganti sebelum menuju air terjun atau bisa memanfaatkan ruang ganti sederhana di area parkiran kendaraan. 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA