c

Selamat

Sabtu, 15 November 2025

KULTURA

12 September 2024

13:14 WIB

Strategi Edit Canva Untuk Percepat Pekerjaan Di Kantor

Canva menjadi salah satu platform komunikasi visual yang banyak digunakan, hadir dengan beragam alat dan fitur yang bisa memudahkan edit konten-konten visual.

Penulis: Annisa Nur Jannah

Editor: Satrio Wicaksono

<p>Strategi Edit Canva Untuk Percepat Pekerjaan Di Kantor</p>
<p>Strategi Edit Canva Untuk Percepat Pekerjaan Di Kantor</p>

Deretan fitur di platform Canva. Sumber: canva.com

JAKARTA - Kemampuan membuat konten visual yang efektif sangat penting di era kerja saat ini, baik untuk komunikasi internal maupun dengan klien. Karenanya, kemampuan mengoperasikan konten visual di era sekarang tentu menjadi penting bagi semua karyawan.

Menurut Laporan Ekonomi Visual Canva, 90% pemimpin bisnis Indonesia memprioritaskan pengadaan alat komunikasi visual yang memudahkan alur kerja. Hasilnya, 81% berinvestasi lebih banyak pada alat komunikasi visual bertenaga AI dibandingkan tahun 2023.

Salah satu platform komunikasi visual yang diandalkan saat ini adalah Canva. Platform ini menyediakan berbagai alat dan fitur visual lengkap di dunia, sehingga membuat pekerjaan visual semakin efisien pembuatannya. Apapun jenis pekerjaannya, mulai dari tenaga pemasaran, penjualan, pekerja kreatif, staf HRD, atau pengusaha.

Guna mempermudah kerja, berikut lima trik dari Canva yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas desain dan produktivitas.

Manfaatkan Kit Kerja untuk Menghemat Waktu
Canva menyediakan kit kerja yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang, tidak hanya desainer grafis. Kit kerja terdiri dari berbagai produk, template, dan macam-macam kreasi desain yang disesuaikan dengan kebutuhan tim pemasaran, HRD, penjualan, dan kreatif. 

Anda tidak perlu lagi membuat template dari nol. Kit kerja Canva menyediakan berbagai template dan kreasi desain untuk presentasi, video, dan konten media sosial. Dengan ini, pekerjaan akan menjadi lebih efisien dan hemat waktu.

Presentasi Tetap Efektif Meski tak Dikantor 
Fitur tampilkan dan rekam di Canva memungkinkan Anda untuk merekam presentasi seolah-olah sedang berada di dalam rapat. Fitur ini berguna tatkala si penyaji presentasi ingin berlibur tapi tetap melaksanakan presentasi atau saat ada anggota tim yang jadwalnya bentrok dengan jadwal rapat.

Saat presentasi selesai direkam, akan muncul tautan yang dapat dibagikan ke orang lain. Saat mereka mengakses tautan tersebut, akan terlihat gambar orang yang menyajikan presentasi di latar depan beserta slide yang dipaparkan. Video dapat dihentikan atau diputar ulang kapan saja, termasuk saat ingin meninjau kembali poin-poin penting yang disajikan.

Manfaatkan Fitur Membuat Kreasi Bersama
Yang menjadi ciri khas suatu merek atau brand saat dilihat orang adalah warna, gambar, dan teks. Kit merek menyatukan hal-hal ini di satu tempat. Kit merek ini membantu anggota tim dalam membuat kreasi desain atau konten yang terpercaya, profesional, dan konsisten gayanya apapun tujuan pembuatan kreasi desain tersebut.

Tingkatkan Produktivitas dengan AI 
AI generatif dapat menjadi rekan dalam menunjang produktivitas. Produk AI Canva sudah dipakai lebih dari 7 miliar kali, hal ini menjadi contoh bahwa teknologi dapat menyederhanakan tugas dan meningkatkan kreativitas. 

Siapa saja dalam tim dapat menuntaskan lebih banyak pekerjaan dengan sumber daya yang lebih sedikit. Misalnya dengan fitur Terjemahkan di Alih Ajaib (Magic Switch), Anda dapat menerjemahkan dokumen dan presentasi yang super panjang secara otomatis, cukup klik sekali saja.

Fitur berguna lainnya adalah Teks ke Grafis. Pembuatan elemen grafis nan unik untuk memperkaya desain apa pun jadi lebih mudah. Elemen tersebut dapat berupa ikon, stiker, atau ilustrasi. Ini hanyalah beberapa contoh alat AI yang dapat dimanfaatkan semua orang di tempat kerja, masih banyak lagi alat AI yang dapat ditemukan di Rangkaian Aplikasi Visual dan Studio Ajaib dari Canva.

Berkolaborasi secara Real-time 
Dengan beragam fitur kolaborasi di platform ini, berbagai tim di seluruh penjuru dunia dapat bekerja sama dan mendesain konten menarik. Ini bukan sekadar meningkatkan efisiensi tetapi juga kreativitas.

Menurut studi global Canva dengan Harvard Business Review Analytic Services, hal-hal yang paling banyak digunakan pemimpin untuk mengembangkan kreativitas adalah platform kolaborasi 65%, komunikasi visual 64%, dan alat visualisasi data 56%. Melalui kolaborasi, proses kreatif dapat ditingkatkan dengan cara berbagi ide, perspektif, dan pendekatan baru.

Selain itu, fungsi kolaboratif Canva mencakup fitur-fitur baru di Canva Docs, editor dokumen daring. Pengguna kini dapat memantau perubahan dan berkolaborasi saat mengedit. 

Pengguna juga dapat melihat kerangka dokumen panjang agar mereka paham sedang di bagian mana. Juga bisa memantau komentar dalam rangka berkomunikasi dengan semua anggota tim yang terlibat dalam penyusunan dokumen tersebut.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar