Selamat

Kamis, 20 Januari 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

26 November 2021

19:00 WIB

Spotify Uji Coba Feed Video Vertikal

Pengguna bisa menggeser ke atas dan ke bawah untuk menelusuri feed video discover mereka. Termasuk mengetuk hati atau memberikan like jika menyukai video tersebut.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Rendi Widodo

Spotify Uji Coba <i>Feed</i> Video Vertikal
Ilustrasi Spotify. Pixabay/Photo Mix

JAKARTA - Spotify kembali menghadirkan pembaruan signifikan dengan membuat kolom feed baru melengkapi tiga kolom yang sudah ada sebelumnya, yakni kolom dengan nama "discover".

Salah satu pengguna yang menemukan kolom tersebut dan menginformasikannya di media sosial Twitter adalah Chris Messina.

"Omg untuk pertama kalinya setelah berapa lama (?), @Spotify menambahkan ikon KEEMPAT ke bilah alat mereka: discover!" tulisnya lengkap dengan tangkapan layar menunjukan ikon discover hadir di samping ikon home dan search.

Lebih jauh, Messina mengungkapkan bahwa discover tersebut adalah kolom tempat Spotify menghadirkan deretan video musik berbentuk vertikal, yang tak ubahnya seperti video-video yang ada pada aplikasi TikTok.

Pengguna bisa menggeser ke atas dan ke bawah untuk menelusuri feed video discover mereka. Termasuk mengetuk hati atau memberikan like jika menyukai video tersebut.

Spotify sendiri telah mengkonfirmasi keberadaan kolom discover tersebut kepada Techcrunch, dengan mengatakan bahwa saat ini benar memang mereka sedang menguji discover di aplikasinya, kendati mereka tak mau menjelaskan lebih lanjut secara spesifik.

Akan tetapi, seperti yang diakui oleh Messina, dirinya menemukan fitur tersebut di Spotify's TestFlight build (versi beta untuk iOS). Kemungkinan besar, memang kolom discover tersebut baru diuji coba secara terbatas khusus untuk pengguna ponsel berbasis iOS atau iPhone.

Messina sendiri, meyakini bahwa video-vidoe yang ditampilkan di discover tersebut merupakan video dengan format Canvas Spotify yang memang sudah ada jauh sebelumnya.

Video Canvas tersebut pertama kali diperkenalkan secara luas pada tahun 2019 oleh Spotify, sebagai sebuah video vertikal yang bisa dibuat musisi untuk menjadi latar atau background ketika musik mereka sedang dimainkan (play) oleh pengguna Spotify.

Keberadaan video Canvas tersebut pada dasarnya masih menjadi pro-kontra di kalangan pengguna Spotify secara keseluruhan. 




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER