c

Selamat

Sabtu, 15 November 2025

KULTURA

30 April 2025

21:00 WIB

Sony Buat Tas Belanja Ramah Lingkungan Lewat Eco Shopping Bag Design Contest 2025

Upaya menghadirkan tas ramah lingkungan ini adalah bagian dari Proyek One Blue Ocean Sony, yang fokus untuk mengurangi sampah plastik di lautan.

Penulis: Arief Tirtana

Editor: Rendi Widodo

<p>Sony Buat Tas Belanja Ramah Lingkungan Lewat Eco Shopping Bag Design Contest 2025</p>
<p>Sony Buat Tas Belanja Ramah Lingkungan Lewat Eco Shopping Bag Design Contest 2025</p>

Mahasiswi Universitas Tarumanagara, Elisha Hartawidjaja (kanan) menangkan kompetisi desain dari Sony. Dok. Sony

JAKARTA - Sony mengumumkan pemenang kompetisi Eco Shopping Bag Design Contest 2025, yakni mahasiswi Universitas Tarumanagara, Elisha Hartawidjaja, Selasa (29/4). Sony Eco Shopping Bag Design Contest 2025 merupakan kompetisi desain tas belanja ramah lingkungan yang akan digunakan di semua gerai Sony center di Indonesia.

Upaya menghadirkan tas ramah lingkungan ini adalah bagian dari Proyek One Blue Ocean Sony, yang fokus untuk mengurangi sampah plastik di lautan. Upaya ini juga sejalan dengan visi sustainability Sony, “Inspire a World Filled with Emotion for this Generation and Beyond” (Menginspirasi Dunia yang Dipenuhi Emosi untuk Generasi Ini dan Selanjutnya).

"Kontes ini juga merupakan bagian dari “Road to Zero”, rencana global Sony sejak tahun 2010 yang bertujuan untuk mencapai zero environmental footprint pada tahun 2050,"  kata Presiden Direktur PT Sony Indonesia, Yoshiyuki Fujioka.

Sebagai pemenang, Elisha Hartawidjaja menjelaskan desainnya terinspirasi dari pemahaman bahwa pemakaian shopping bag itu adalah sebuah pilihan. Dari pemikiran tersebut ia kemudian membuat ilustrasi yang bisa mengingatkan konsekuensi dari setiap pilihan yang diambil.

Di dalam desainnya, Elisha memasukan gambar kamera dengan 2 sisi, yang menggambarkan dunia yang rusak dan dunia yang bersih. Jika dilihat lebih dekat, juga ada anak kecil yang memakai sarung tinju di tengah kamera, yang merupakan simbol harapan dan semangat generasi muda untuk melawan kerusakan lingkungan hidup.

Selan itu, pada bingkai kamera, diibaratkan sebagai mata manusia yang bisa mencerminkan bagaimana kita bisa dapat melihat, memilih, dan menentukan apa yang dianggap penting dan juga bisa mewakili kesadaran manusia.

Sebagai pemenang, Elisha Hartawidjaja akan menerima hadiah uang tunai sebesar Rp20.000.000 untuk biaya pendidikannya. Tas belanja pakai ulang rancangannya juga akan tersedia di semua gerai Sony Center di Indonesia. Di mana para pelanggan akan mendapatkan tas belanja pakai ulang eksklusif ini dengan pembelian minimum Rp3.000.000.

"Harapan kami, melalui kegiatan seperti ini, kami dapat mengajak generasi muda berpikir tentang cara mendukung keberlanjutan dan menciptakan lingkungan yang lebih hijau, dengan menggunakan pikiran kreatif mereka. Masa depan bumi adalah tanggung jawab kita semua, termasuk generasi muda yang akan mewarisi bumi ini dari kita," kata Yoshiyuki Fujioka.

Dalam Sony Eco Shopping Bag Design Contest Bag tahun ini, PT Sony Indonesia juga bermitra dengan WWF Indonesia. Sesuai komitmen awal, dalam kemitraan ini Sony Indonesia menyumbangkan satu unit kamera ZV-E10 kepada WWF (World Wildlife Fund) Indonesia untuk menangkap aksi konservasi di berbagai daerah di Indonesia.

"WWF Indonesia menyambut baik dukungan PT Sony Indonesia melalui donasi produk Digital Imaging, yang akan memperkuat upaya kami dalam menciptakan momen berkualitas untuk meningkatkan kesadaran untuk menyelamatkan lingkungan," terang Partnership Director WWF Indonesia, Rusyda Deli.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar