16 Maret 2024
16:17 WIB
Editor: Rendi Widodo
JAKARTA - Sebagai agen tunggal pemegang merek dan distributor kendaraan Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengumumkan langkah signifikan untuk membangun pusat perakitan di wilayah Jawa Barat.
"Pembangunan fasilitas ini akan menjadi tonggak sejarah yang signifikan bagi kami dalam memenuhi permintaan pelanggan Mazda di Indonesia dengan lebih efisien dan efektif," kata Managing Director PT EMI Ricky Thio dikutip Antara, Sabtu (16/3).
PT EMI memperkirakan compact crossover yang digemari banyak konsumen Indonesia akan menjadi kategori segmen utama yang diproduksi di fasilitas perakitan Mazda di Jawa Barat.
Investasi dari PT EMI untuk pembangunan fasilitas tersebut diperkirakan sekitar Rp400 miliar.
Ricky mengatakan bahwa perencanaan pembangunan pusat perakitan Mazda di Indonesia dilakukan dengan memprioritaskan pemberdayaan masyarakat lokal, terutama yang berada di wilayah Jawa Barat.
Yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah apakah dengan langkah ini harga mobil-mobil Mazda akan bisa lebih terjangkau di Indonesia?
Pada umumnya dengan strategi perakitan lokal akan mendatangkan potensi menurunnya biaya produksi karena mengurangi biaya impor dan logistik. Namun, terlalu dini untuk memastikan penurunan harga yang signifikan pada produk-produk Mazda terkait lokasi perakitan lokal ini.
Berbagai faktor seperti biaya bahan baku, pemilihan tenaga kerja, dan yang paling subjektif pricing strategy dari pihak Mazda sendiri akan menjadi poin-poin penentu kemungkinan perubahan harga produk mobilnya.
Merujuk pada target perakitan lokal yang dilakukan PT EMI sebagai bentuk produksi yang lebih efisien, kemungkinan besar rencana ini adalah kategori penyesuaian harga produk mereka agar lebih stabil.