Selamat

Senin, 25 Oktober 2021

28 April 2021|20:38 WIB

Si Kembar Raize dan Rocky Segera Mengaspal Di Indonesia

Kedua model nyaris kembar ini bermesin turbo dengan tenaga 1.000 cc.

Penulis: Rikando Somba,

Editor: Rikando Somba

ImageToyota Raize dan Daihatsu Rocky yang bermain di kelas compact SUV segera mengaspal di Indonesia. Ist/dok

JAKARTA – Toyota, Daihatsu dan Astra Internasional Tbk kembali berkolaborasi melansir dua model mobil kembar. Kali ini pabrikan asal Jepang itu merilis Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Kedua model mobil ini resmi mengaspal di Indonesia, dan berkompetisi dengan merek lainnya di segmen compact suv. Daihatsu Rocky disebut akan sudah berada di outlet pada 30 April 2021.

Toyota meyakini, desain Raize yang sporty dan stylish akan menjadi pilihan yang tepat untuk pelanggan Indonesia di segmen SUV yang sedang berkembang. Perkenalan produk terbaru Toyota dan Daihatsu tersebut dikemas dalam acara bertajuk “Sinergi untuk Negeri” yang digelar secara virtual, Rabu.

"Hari ini kami sangat bersemangat untuk memperkenalkan produk terbaru kami yang merupakan hasil dari kolaborasi kami, Toyota Raize," ujar Chief Executive Officer of Toyota Motor Corporation Asia Region Yoichi Miyazaki Yoichi, Rabu (28/4).

Toyota Raize hadir di Indonesia melalui Toyota Astra Motor dan diler Toyota. Sebagai bagian penting dari strategi Global Toyota Group, Toyota Raize juga akan diekspor hampir ke 50 negara di seluruh dunia. "Sejalan dengan semangat dari perayaan hari ulang tahun Toyota ke-50 di Indonesia, mari kita melanjutkan perjalanan untuk menciptakan kebahagiaan seiring dengan kami mewujudkan mobilitas untuk semua," ucap Yoichi.

Bertenaga 1000 CC
President of Daihatsu Motor Company Soichiro Okudaira, pada kesempatan sama mengatakan, Daihatsu Rocky adalah compact SUV dengan konsep desain terkini, termasuk struktur rangka dasar dan sistem penggerak mesin yang menghasilkan kelegaan dalam bodi mobil yang compact.  Produksi model ini dilakukan di pabrik PT Astra Daihatsu Motor.

"Ini adalah komitmen kami untuk membuat Daihatsu menjadi brand yang paling dekat dengan pelanggan Indonesia, sesuai dengan tagline Global kami "Light You Up" atau "Daihatsu sahabatku" di Indonesia," kata Soichiro.

Kedua model nyaris kembar ini bermesin turbo. Meski bertenaga 1.000 cc, namun mesin turbo disematkan di keduanya. Untuk pasar Indonesia, mesin ini dinilai pas.

Di Jepang, mobil bermesin turbo 3-silinder itu disebut memiliki 98 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 140 nm pada 2.400- 4.000 rpm. Sedangkan pada pilihan mesin 1.200 cc dengan teknologi 4-silinder, DOHC, dan Dual VVT-I, disebut mampu bertenaga pacu 86 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak torsi 105 nm pada 4.200 rpm. Di negeri asalnya, Raize dan Rocky dilengkapi Adaptive Cruise Control, All Speed Tracking, Parking Assist, alarm tabrakan dan fungsi pengereman yang mampu mendeteksi pejalan kaki.

Terhadap perkenalan dua model mobil ini, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan apresiasi kepada Daihatsu, Toyota, serta Astra atas komitmen mereka menjadikan Indonesia sebagai basis produksi kendaraan bermotor. Hadirnya Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, kata dia, akan memperkuat posisi Indonesia sebagai basis produksi kendaraan Daihatsu dan Toyota, sehingga akan memperbesar peluang ekspor, terutama ke negara-negara yang telah memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan Indonesia.

Agus menilai peluncuran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky merupakan bukti kuat komitmen untuk terus melakukan inovasi, investasi berkelanjutan, penyerapan tenaga kerja, serta kerja sama dengan mitra supplier lokal dalam rangka memperkuat struktur industri otomotif nasional.

Dia menambahkan, dua produk baru tersebut juga akan melibatkan lebih banyak SDM industri dan pemasok lokal, termasuk sektor industri kecil dan menengah dalam rantai nilai operasi bisnis Daihatsu dan Toyota di Indonesia.

"Kami berharap hal ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis Daihatsu dan Toyota di Indonesia ke depan sekaligus akan mendukung perekonomian nasional Indonesia secara keseluruhan," kata Menteri Agus, dikutip dari Antara.

Sementara, Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro mengaku bangga lantaran telah menjadi bagian dalam mengembangkan produk Toyota dan Daihatsu di Indonesia. Dia mengatakan kehadiran dua produk baru ini dapat menjadi opsi bagi masyarakat Indonesia di segmen compact SUV.

Kami berharap produk ini memberikan semakin banyak pilihan bagi masyarakat Indonesia sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan semangat bersama Astra Toyota dan Daihatsu," kata Djony. 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA