Selamat

Senin, 17 Mei 2021

TEKNO

04 Mei 2021|08:06 WIB

Setelah Enam Bulan di Luar Angkasa, Empat Astronaut Pulang ke Bumi

Merupakan misi dengan durasi paling panjang yang dilakukan pesawat luar angkasa berawak

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Yohanes Satrio Wicaksono

ImageAstronot JAXA Soichi Noguchi menghabiskan hampir 7 jam bekerja di stasiun luar angkasa. Sumberfoto: Nasa.gov/dok

JAKARTA – Empat astronaut yang telah menyelesaikan misi NASA di International Space Station, berhasil mendarat ke Bumi dengan selamat pada Minggu (2/5). Mereka kembali usai berada di luar angkasa selama enam bulan. Ini menjadikan misi tersebut sebagai misi dengan durasi paling panjang yang pernah dilakukan oleh pesawat luar angkasa berawak.

Keempat astronaut tersebut adalah Michael Hopkins, Victor Glover, Shannon Walker, dan Soichi Noguchi. Mereka mendarat ke Bumi dengan bantuan parasut di pesisir Panama City, Florida. Sesampainya di daratan, para astronaut itu akan diterbangkan ke Houston, markas NASA.

“Selamat datang di rumah Victor, Michael, Shannon, dan Soichi, dan selamat untuk NASA dan SpaceX yang bekerja keras untuk memastikan keselamatan mereka dan kesuksesan pendaratan,” ujar NASA Administrator Bill Nelson, dikutip dalam laman resmi NASA, Senin (3/5).

Disampaikan oleh Nelson, ini memang sudah menjadi target program NASA Commercial Crew, yakni menjadi moda transportasi yang aman, dapat diandalkan, dan hemat biaya, dari dan ke International Space Station. Dengan program ini, tentunya sangat membantu penelitian dan peluang penemuan manusia terkait eksplorasi luar angkasa. Termasuk mempersiapkan eksplorasi manusia di Bulan dan Mars.

“Kami telah menyelesaikan penerbangan luar angkasa luar biasa lainnya untuk Amerika dan mitra komersial dan internasional kami. Transportasi yang aman dan bisa diandalkan ke International Space Station persis seperti visi yang dimiliki NASA ketika memulai program NASA Commercial Crew,” ujar Nelson.

Misi NASA SpaceX Crew-1 diluncurkan pada tanggal 15 November 2020 menggunakan roket Falcon 9 dari agensi Kennedy Space Center, Florida. Astronaut memberi nama pesawat luar angkasa tersebut Resilience, sebagai bentuk penghargaan pada keluarga, rekan kerja, dan masyarakat, dan semua tim yang terlibat bahwa tidak ada batasan apa yang bisa manusia capai ketika bekerja sama. Kru Dragon Resilience pun sukses mencapai stasiun luar angkasa pada 16 November, 27 jam setelah berangkat.

Dalam misi mereka, para astronaut berkontribusi untuk melakukan berbagai investigasi ilmiah dan demonstrasi teknologi. Seperti berjalan di luar angkasa, mendemonstrasikan asisten robot, yang bisa memberikan manfaat pada Bumi. Mereka juga mengembangkan tanaman dalam fasilitas Advanced Plant Habitat dan Veggie.

Sepulangnya mereka ke Bumi, NASA dan SpaceX telah meluncurkan misi NASA SpaceX Crew-2 yang juga melibatkan empat astronaut. Sama seperti misi sebelumnya, misi Crew-2 akan berlangsung selama enam bulan sejak tanggal 23 April 2021 kemarin.

Para astronaut akan tinggal dan bekerja di luar angkasa sebelum nantinya mereka akan pulang ke Bumi pada Oktober mendatang. Sementara itu, NASA dan SpaceX juga tengah merencanakan misi Crew-3 yang akan dilaksanakan pada Oktober 2021, setelah misi Crew-2 selesai. 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER