21 Februari 2024
18:42 WIB
JAKARTA - Wewangian seperti parfum dan pengharum ruangan reed diffuser kian diminati masyarakat Indonesia setelah pandemi. Kondisi ini terlihat dari suburnya penjualan beragam wewangian merek lokal belakangan.
Pimpinan kategori produk kecantikan dan perawatan diri di Tokopedia Stefanie Yuli saat gelar wicara di Jakarta, Rabu (21/2), mengatakan, terdapat lonjakan penjualan parfum dan diffuser secara signifikan pada platform tersebut.
“Tren Tokopedia selama 2023 pascapandemi, jika dibandingkan dengan 2020 sebelum atau prapandemi itu penjualan produk parfum dan reed diffuser mengalami lonjakan yang signifikan. Kalau untuk parfum itu lonjakannya lebih dari dua kali lipat, sedangkan reed diffuser lebih dari 13 kali lipat,” kata Stefanie.
Lonjakan di industri wewangian lokal Indonesia ini, menunjukkan potensi besar dalam pertumbuhan ekonomi dan pasar domestik. Berdasarkan data terbaru dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin), kontribusi industri kosmetik, termasuk sektor wewangian mencapai 3,83% pada kuartal III tahun lalu.
Lonjakan penjualan wewangian merek lokal di Tokopedia tidak hanya terjadi di wilayah perkotaan seperti DKI Jakarta, tetapi, juga di daerah-daerah seperti Sumatera Barat, Lampung, Jawa Tengah, hingga Riau. Stefanie menilai, kini masyarakat sudah lebih peduli soal wewangian sehingga banyak jenama lokal yang mengeluarkan beragam jenis wewangian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Stefanie juga menilai kolaborasi Tokopedia dengan TikTok turut berperan meningkatkan kesadaran masyarakat atas jenama lokal, khususnya wewangian. Berdasarkan data dari TikTok, tren penjualannya menunjukkan adanya peningkatan sebesar 100% (periode Januari 2023 dibandingkan Januari 2022) dalam penjualan produk parfum lokal.
Upaya Tokopedia untuk memperluas pasar bagi jenama lokal tidak hanya terbatas pada platformnya, tetapi, juga melalui berbagai kampanye. Saat Harbolnas beberapa waktu lalu misalnya, mampu mendorong pertumbuhan transaksi.
“Tokopedia memberi panggung lebih untuk berbagai merek lokal termasuk melalui kampanye yang digalakkan seperti kampanye Harbolnas ‘Beli Lokal’ yang membuat jenama kecantikan dan perawatan diri lokal rata-rata memiliki kenaikan transaksi hingga 19 kali lipat dari bulan sebelumnya,” ujar Stefanie.
Parfum Sesuai Karakter
Sementara itu, CEO sekaligus Founder Alchemist Fragrance Naya Tinanda Nabila mengatakan, pada 2022 lalu ia berambisi untuk menciptakan wewangian yang tak hanya memberi kesan mewah dan klasik, tapi bisa menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Termasuk mampu bersaing di panggung global.
Berbagai tantangan pun dihadapi Naya dan tim ketika membangun Alchemist Fragrance, salah satunya adalah soal cara mengedukasi masyarakat atas proses kreatif di balik pembuatan parfumnya yang memiliki cerita dan perasaan relevan bagi para pengguna.
“Misalnya, kami ingin setiap cerita dan perasaan di balik produk Alchemist Fragrance bisa relevan dengan pengguna parfum tersebut. Maka, kita menggandeng perfumer yang dapat memadukan berbagai aroma agar produk Alchemist Fragrance selalu unik,” kata Naya.
Tantangan lainnya adalah meyakinkan pembeli tentang kecocokan parfum Alchemist Fragrance dengan karakternya. Untuk mengatasi hal ini, Alchemist Fragrance berinovasi dengan menghadirkan kuis singkat yang membantu pembeli dalam menentukan aroma yang paling sesuai dengan kepribadian.
“Selain itu, salah satu tantangan lainnya adalah meyakinkan pembeli saat mereka membeli parfum Alchemist Fragrance yang sesuai. Untuk menyiasati hal ini, kami berinovasi dengan menghadirkan kuis singkat yang dapat membantu dan memudahkan calon pembeli dalam menentukan aroma yang cocok dengan karakter mereka,” ujarnya.
Untuk meningkatkan kesadaran konsumen, Naya memanfaatkan platform-platform digital seperti TikTok dan Tokopedia. Berkat kehadiran di Tokopedia, penjualan Alchemist Fragrance meningkat dua kali lipat pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.
Selain itu, Alchemist aktif mengikuti berbagai kampanye Tokopedia dan TikTok seperti Cantik Fest, Tokopedia Beauty, dan Beli Lokal, yang berhasil meningkatkan nilai transaksi hingga 1,5 kali lipat dalam rentang waktu tertentu. “Dengan terus berinovasi dan berkolaborasi dengan platform-platform digital, Alchemist Fragrance terus memperluas pangsa pasar dan menjadi pilihan utama bagi para pecinta parfum di tanah air,” serunya.