Selamat

Rabu, 22 September 2021

15 September 2021|19:02 WIB

Selain iPhone 13, Ini 6 Gadget Keluaran Terbaru Apple

Seri iphone 13 dibanderol mulai harga Rp9 jutaan

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageiPhone 13. apple/dok

JAKARTA – Setelah menunggu lama, hari yang paling dinanti oleh para penggemar Apple akhirnya tiba. Saat raksasa teknologi tersebut meluncurkan sejumlah gadget terbarunya, dalam acara bertajuk "California Streaming".

Disiarkan langsung secara streaming melalui kanal YouTube Apple, bintang utama dalam acara yang berlangsung Rabu (15/9) dinihari waktu Indonesia itu tentu saja, iPhone 13. Namun bukan hanya iPhone 13 dengan beberapa pilihan tipenya, Apple juga meluncurkan gadget-gadget terbaru mereka ke hadapan publik. Apa saja itu?

iPhone 13 dan iPhone 13 Mini
Sebagai bintang utama Apple di tahun 2021 ini, iPhone 13 bersanding dengan iPhone 13 Mini, yang dihadirkan dengan sejumlah peningkatan yang serupa. Meski memiliki perbedaan ukuran, dari segi desain iPhone 13 (6,1 inci) dan iPhone 13 mini (5,4 inci), sama-sama hadir dengan tampilan notch notch (lekukan) di bagian atas layar yang lebih kecil, hingga 20%.

Selain itu, keduanya juga sudah disematkan chip terbaru Apple. Yakni chip A15 Bionic baru, yang lebih powerful dan dilengkapi baterai yang lebih besar. Apple juga mendesain ulang susunan kamera belakang menjadi diagonal, berbeda dengan iPhone 12 dalam versi yang sama.

Dibekali kemampuan-kemampuan seperti TrueDepth, layar 28% lebih terang berkat Super Retina XDR, dan Ceramic Shiled yang melindungi bagian badan. Kedua smartphone ini merupakan keluarga iPhone 13 dengan harga yang paling terjangkau.

Dimana iPhone 13 dihargai mulai dari US$799 atau Rp11,3 juta dan iPhone 13 Mini mulai dari US$699 atau sekitar Rp9,9 juta.

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max
Masih dari deretan keluarga iPhone 13. Hadir juga dua gadget terbaru Apple, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Sebagai versi yang lebih tinggi dari dua saudaranya, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max pun hadir dengan pembaruan yang lebih banyak.

Paling menonjol, kedua smartphone ini memiliki kecepatan refresh layar tertinggi dari yang pernah ada di gadget Apple sebelumnya. Dengan kecepatan refresh mencapai 120Hz dan dapat seterang 1.000 nits, berkat adanya teknologi ProMotion Apple.

Selain itu, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max juga akan hadir dengan kapasitas penyimpanan hingga 1TB. Merupakan kapasitas penyimpanan terbesar yang pernah ditawarkan Apple di smartphone keluaran mereka.

Dengan dukungan performa 5G yang telah ditingkatkan, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max juga menjadi ponsel pertama Apple yang memiliki kemampuan dual SIM. Dengan  pilihan satu SIM fisik dan satu eSIM rute, atau keduanya menggunakan eSIM rute sekaligus.

Sebagai versi tertinngi yang sudah menggunakan sistem triple camera di bagian belakang, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, juga muncul dengan sistem kamera yang lebih mumpuni. Salah satunya didukung oleh kehadiran Modus sinematik baru, yang dapat mengaburkan latar belakang video Anda sambil menjaga subjek tetap fokus.

Dengan ukuran yang tak berubah dari versi iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, iPhone 13 Pro akan meluncur di pasaran dengan harga mulai dari US$ 999 (Rp14,2 juta). Sedangkan iPhone 13 Pro Max akan mulai dari US$ 1.099 (Rp15,6 juta).

Apple Watch 7
Yang tak kalah dinanti adalah kehadiran wereable unggulan Apple, Apple Watch 7. Meski secara fitur, tidak banyak berubah dari seri Apple Watch 6, Jam tangan pintar terbaru Apple ini mencuat dengan desain yang sedikit lebih besar. Dalam ukuran 41mm dan 45mm. Atau 1mm lebih besar dari Seri 6.

Begitupun dari tampilan layarnya. Di mana Apple Watch Seri 7 ini memiliki layar yang semakin mendekati tepi casing. Jadi, diklaim dapat menjejalkan teks 50% lebih banyak dibanding layar Seri 6.

Dengan bezel di sekitar layar yang juga lebih ramping, hanya 1,7 mm. Apple Watch Seri 7 ini juga diklaim memiliki daya tahan lebih kuat dibanding pendahulunya, berkat adanya peringkat IP6X. Itu berarti Apple Watch Seri 7 ini akan tahan dari debu dan juga air, bahkan tahan benturan dan anti retak.

Memiliki lima pilihan warna, Apple Watch Series 7 ini dijual dalam harga mulai dari US$ 399atau sekitar Rp5,6 juta.

iPad
Berikutnya ada seri terbaru dari iPad, atau iPad generasi ke-9. Meski secara umum juga tak banyak berbeda dari seri sebelumnya, iPad generasi 9 hadir dengan sejumlah perubahan yang diklaim akan sangat berguna bagi pemiliknya.

Paling signifikan misalnya adalah kehadiran kamera depan 12 megapiksel baru, dengan lensa ultra lebar yang dilengkapi dengan fitur Center Stage yang sebelumnya ada pada iPad Pro. Dimasukkannya Center Stage memungkinkan kamera untuk memotong subjek secara cerdas, sehingga mereka selalu berada di tengah bingkai ketika digunakan.

Untuk harga, iPad generasi ke-9 akan dibanderol mulai dari US$ 329 atau Rp4,6 juta di pasar Amerika Serikat mulai 24 September mendatang.

iPad Mini
Terakhir namun tak kalah penting, ada juga kehadiran gadget terbaru Apple, iPad Mini Generasi ke-4. Meski bukan merupakan salah satu gadget paling populer keluaran Apple, kemunculan generasi terbaru iPad mini ini menjadi menarik. Sebab merupakan kemunculan perdana, setelah dua setengah tahun tanpa penyegaran.

Dengan waktu yang cukup lama itu, tak ayal membuat iPAd Mini muncul dengan banyak pembaruan dibanding versi sebelumnya. Mulai dari desain layar yang lebih lebar, hingga 8,3 inci. Bingkai yang membulat dan lebih tipis. Dukungan konektivitas USB-C, pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol power.

Serta, adanya Layar Liquid Retina Display, yang membuat iPad Mini memiliki tingkat kecerahan hingga 500 nits dan dilengkapi dengan teknologi warna TrueTone.

Mendapatkan dukungan tambahan stylus Apple Pencil generasi ke-2, iPAda Mini generasi 6 ini dibanderol dengan harga mulai US$ 499 (Rp 7,1 juta) untuk varian yang hanya mendukung penggunaan Wi-Fi. Dan mulai US$ 649 (Rp 9,3 juta) untuk varian yang juga bisa menggunakan internet cellular.

 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER