Selamat

Selasa, 21 September 2021

15 September 2021|11:03 WIB

Sehatnya Snackbar Dari Limbah Kulit Kacang Karya Mahasiswa UNS

Dengan harga Rp15.000, pembeli bisa memperoleh 5 buah Ociaabar dengan berat total 90 gram di tiap kemasannya.

Penulis: Chatelia Noer Cholby,

Editor: Rendi Widodo

ImageIlustrasi kulit kacang. Pixabay/Couleur

JAKARTA – Menjaga imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19 merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Fokus pada ide ini, empat mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sukses menciptakan sebuah makanan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Empat mahasiswa tersebut menciptakan produk olahan dari kulit kacang tanah yang diberi nama Ociaabar. Nama tersebut merupakan singkatan dari Prebiotik Kulit Kacang Tanah yang berbentuk Snackbar.

“Kami terpikirkan untuk menciptakan makanan sehat dengan rendah gula yang dapat meningkatkan imunitas tubuh,” ujar Anita Nurul Apriliana, perwakilan tim, dikutip dari laman resmi UNS, Selasa (14/9).

Kenapa kulit kacang? Alasannya, kulit kacang kerap kali dianggap sebagai sampah. Padahal kulit kacang itu sendiri menyimpan sebuah manfaat tersembunyi.

Menurut Anita, kulit kacang ternyata memiliki manfaat bagi imunitas tubuh. Sebab, limbah itu mengandung selulosa sebesar 47,19% yang bisa menjadi prebiotik untuk membantu menjaga kekebalan tubuh.

Prebiotik ini sendiri mampu menstimulus pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh untuk melakukan fermentasi makanan. Akhirnya fermentasi makanan tersebut menghasilkan asam lemak rantai pendek.

“Asam lemak rantai pendek ini berguna untuk mengatur sistem kekebalan tubuh dan memberikan respons terhadap peradangan. Seluruh proses ini dapat meningkatkan imunitas bagi tubuh, salah satunya untuk menghadapi virus SARS COV penyebab Covid-19,” imbuhnya.

Dengan kandungan seperti itu, produk Ociaabar ini hadir untuk memberikan solusi kesehatan di tengah pandemi. Apalagi bagi kalian yang sedang menunggu giliran vaksinasi, tentu disarankan untuk tetap menjaga imunitas tubuh.

Anita mengatakan, dengan mengonsumsi Ociaabar ini dapat menjadi salah satu langkah yang dapat diambil masyarakat. Apalagi lagi langkah ini dinilai efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Produk karya mahasiswa UNS ini juga terbilang cukup murah. Dengan banderol Rp15.000, pembeli bisa memperoleh 5 buah Ociaabar dengan berat total 90 gram di tiap kemasannya.

“Melalui produk ini, kami mengajak masyarakat untuk terus menjalankan pola hidup sehat. Selain itu, memperkenalkan bahwa bahan yang dianggap sampah ini dapat diolah jadi makanan sehat,” pungkasnya.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER