30 Juni 2022
16:31 WIB
Penulis: Gemma Fitri Purbaya
Editor: Rendi Widodo
JAKARTA - Belanja online masih menjadi favorit masyarakat, tidak terkecuali masyarakat Indonesia. Melalui belanja online, seseorang tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja karena semua bisa dilakukan di rumah. Mulai dari memilih barang, melakukan pembayaran, dan lainnya.
Guna mendukung hal tersebut, Sayurbox pun merilis Sayurbox Deluxe. Berbeda dengan kategori lainnya, Sayurbox Deluxe menawarkan lebih dari 100 jenis produk segar premium seperti daging wagyu, buah organik, hingga madu impor.
Diungkapkan oleh Co-Founder dan Chief of Product Operations Sayurbox Metha Trisnawati kalau hal tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah strategis Sayurbox dalam mengembangkan pasar agritech di Indonesia.
"Setelah lima tahun berdiri, kami terus berinovasi, salah satunya dengan menghadirkan kategori premium lewat Sayurbox Deluxe. Ini merupakan salah satu strategis pengembangan Sayurbox yang berfokus menghadirkan produk yang relevan dengan kebutuhan berbagai tipe konsumen," papar Metha dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/6).
Berdasarkan data internal Sayurbox, nilai perdagangan atau produk premium di platform mereka selama semester 2 2021 mengalami peningkatan hingga 53% dibanding semester sebelumnya.
Hal ini serupa dengan riset Google yang menyebut terjadi pengembangan ke arah pasar premium. Begitupun riset Temasek dan Bain di 2021 yang menyatakan bahwa konsumen yang dengan layanan belanja bahan makanan online (e-grocery) merasa lebih puas hingga 1,3 kali lipat dibandingkan konsumen lain.
"Dengan produk yang dikurasi khusus, kami percaya Sayurbox Deluxe dapat memenuhi kebutuhan segmen konsumen yang memprioritaskan kualitas tertinggi, kandungan nutrisi, serta citarasa unik dari produk premium," lanjut Metha.
Untuk produknya sendiri, beberapa produk yang tersedia di kategori Sayurbox Deluxe adalah produk pangan non-GMO, daging wagyu, sayur dan buah organik, dan berbagai produk makanan merek premium dari berbagai penjuru dunia.
Selain mengembangkan aplikasi e-grocery untuk konsumen, Sayurbox juga telah menjalin pasar B2B dengan memasok produk segar langsung dari petani ke berbagai supermarket, hotel, restoran, kafe, hingga e-commerce.
Hal ini berjalan lancar berkat teknologi cold supply chain mumpuni yang mereka besut. Dengan begitu, konsumen dan pemilik usaha tetap mendapatkan bahan makanan yang segar untuk keperluan sehari-hari atau usaha mereka.