Selamat

Sabtu, 19 Juni 2021

TEKNO

10 Juni 2021|18:48 WIB

Saingi CR-V, KIA Sportage Tampil Edgy

Sebelumnya, Sportage tercirikan lewat desain bergelembung, kini kesan itu digantikan dengan garis-garis tegas, dengan lipatan tegas.

Oleh: Rikando Somba

ImageKIA All New Sportage 2021. Dok/KIA

JAKARTA- Persaingan keras antara KIA Sportage dan Honda CR-V sepertinya masih akan berlanjut. Setelah santer di media sosial bahwa CR-V segera menurukan produk anyar versi facelift, kini KIA juga segera memasarkan  Kia Sportage dengan desain interior dan juga eksterior modern. Desain model kali ini, jauh berbeda desain dengan versi sebelumnya. Desain futuristis, ramping, dengan garis-garis lekuk tegas membuat  SUV yang pertama kali dirilis pada tahun 1993 itu, kelihatan lebih edgy.

Desain ini sendiri, disebut pabrikan asal Korea Selatan ini, jelas membuat KIA Sportage jadi lebih berani bersaing dengan Honda CR-V. Para pengamat otomotif di Eropa, menilai penampilan KIA ini adalah perpaduan harga dan desain yang pas. Dan, model generasi kelima dari Sportage ini disebut sebagai ‘sangat bernuansa Eropa’, seperti dikutip dari Topgear.com, Kamis (10/6). Pengamat-pengamat otomotif juga menyebut desain terbaru ini sebagai ‘mobil yang tak akan tertukar di parkiran”. 

Secara umum, KIA Sportage ini, adalah SUV berkapasitas lima penumpang  yang pas untuk keluarga muda. Dan, ditargetkan akan mengaspal di Eropa pada September mendatang.  

"Dengan All-New Sportage, kami tidak hanya ingin mengambil satu langkah maju. Kami ingin beralih ke level yang berbeda di kelas SUV," ungkap Senior Vice President dan Head of Global Design Center, Karim Habib  yang dikutip dari laman resmi KIA, Selasa.

Karim menjabarkan, kesan dinamis memang sengaja ditonjolkan.  Inginnya, ketika seorang melihat All-New Sportage secara langsung, pasti akan terkesan dengan postur yang sangat kuat, ramping nan dinamis. Dia memastikan, di interior kesan sama juga sama kuatnya. 

"Di Sportage yang serba baru, kami yakin Anda dapat melihat masa depan merek dan produk kami," kata dia.

Penampilan KIA Sportage ini jelas berbeda bentuk dengan versi desain ke-empat yang baru beberapa tahun lalu dirilis. Setelah beberapa model sebelumnya, Sportage tercirikan lewat desain bergelembung, kini justru kesan itu hilang digantikan dengan garis-garis kencang, lipatan bersih dan panel tegas. 

Kini, Sportage tampil dengan gril yang tebal serta diapit dengan lampu daytime running berbentuk bumerang. Ini menimbulkan kesan garis batas yang kokoh untuk lampu depan yang mencolok. Ada jelas terlihat penegasan desain ‘hidung macan’ sebagai identitas KIA Sportage, dengan modifikasi model mirip KIA EV6.

Perubahan besar juga dilakukan di bagian interior. Drive,com mereview, bahwa kini Sportaga terlihat lebih modern lagi dengan dashboard canggih, mahal dan berkilau. Elemen krom  di beberapa titik panel dashboard seperti kisi-kisi pendingin ruangan, menimbulkan kesan elegan dan mewah. 

Lantas, mesin apa yang digunakan sebagai pemacu tenaga besutan anyar KIA ini? Sampai sekarang soal ini masih misteri. Yang jelas, dari pengalaman berkendara penulis terhadap dua model KIA Sportage sebelumnya, tenaga yang dihasilkan cukup moncer dengan konsumsi bensin yang tak boros.  

All-new Sportage sendiri adalah hasil dari upaya kolaboratif antara jaringan desain global utama Kia di Korea, Jerman, AS, dan China.

Penjualan KIA dan Hyundai yang merupakan satu pabrikan, berhasil melejit di April lalu dengan penjualan 78.495 kendaraan di Eropa. Kenaikan itu melesat 317.3% dari kondisi di awal tahun 2021. Dirincikan, Hyundai Motor berhasil menjual 36.087 unit. Sedang KIA berhasil menjual 42.408 unit.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER