Selamat

Sabtu, 19 Juni 2021

TEKNO

10 Juni 2021|18:18 WIB

Saingi Apple, Facebook Bakal Buat Smartwatch

Hasil jepretan pada kamera smartwatch Facebook bisa langsung diunggah ke Facebook dan Instagram dengan kualitas HD.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Yanurisa Ananta

ImageIlustrasi Facebook SmartWatch. Sumberfoto: Shutterstock/dok

JAKARTA - Sukses sebagai salah satu media sosial terbesar saat ini, Facebook dikabarkan akan mengembangkan bisnisnya dengan merambah pasar jam pintar (smartwatch). Dilaporkan dari berbagai sumber, saat ini Facebook sedang mengembangkan smartwatch yang kemungkinan akan rilis pada kuartal pertama tahun 2022 mendatang.

Digadang akan menyaingi kepopuleran Apple Watch, smartwatch Facebook nantinya bisa digunakan untuk mengirim pesan, memiliki beragam fitur pendukung olah raga dan kesehatan, dan fitur pelacakan detak jantung atau heartrate.

Selain itu, kabarnya smartwatch Facebook akan dilengkapi dengan dua buah kamera. Kamera depan berfungsi untuk melakukan panggilan video, sementara kamera belakang yang dapat dilepas dari pergelangan tangan bisa digunakan untuk mengambil gambar atau video secara langsung. Hasil jepretan kemudian bisa langsung diunggah ke Facebook dan Instagram dengan kualitas HD.  

Untuk mewujudkan fungsi tersebut, Facebook akan bekerjasama dengan perusahaan yang memang terbiasa membuat produk kamera yang bisa dilepas dan pasang di banyak barang, misalnya kamera di tas ransel.

Facebook juga akan bekerja sama dengan salah satu operator nirkabel teratas di Amerika Serikat untuk mendukung konektivitas LTE di smartwatch mereka nantinya, sehingga pengguna tak perlu lagi menghubungkannya dengan ponsel agar berfungsi maksimal.

Rumornya, smartwatch Facebook akan hadir dengan pilihan warna putih, hitam, dan emas. Smartwatch akan dibanderol di kisaran harga US$400 atau sekitar Rp5,6 juta.

Dilaporkan dari Verge, pengembangan smartwatch ini merupakan rencana langsung dari Mark Zuckerberg untuk membangun produk hardware yang disukai konsumen, sekaligus membuat konsumennya terhindar dari perangkat buatan Apple dan Google yang dinilai sering kali memberlakukan kebijakan yang merugikan Facebook, khususnya kebijakan privasi.

Salah satu sumber internal menjelaskan, ketertarikan Facebook dalam mengembangkan smartwatch sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Gagasan itu muncul saat Facebook mengakuisisi Fitbit pada tahun 2019. Sejak itu, Facebook menghabiskan sekitar US$1 miliar untuk mengembangkan versi pertama smartwatch, dengan mempekerjakan ratusan orang.

Sampai informasi ini berhembus luas, pihak Facebook belum memberikan keterangan apapun mengenai desain dan rencana mereka bermain di pasar hardware dengan mengeluarkan jam tangan pintar atau smartwatch.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA