Selamat

Minggu, 20 Juni 2021

TEKNO

10 Mei 2021|13:43 WIB

Risiko Menolak Pembaruan WhatsApp

Masih bisa menerima panggilan, tapi tak dapat mengirim dan membaca pesan

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageIlustrasi WhatsApp. Pixabay/dok

JAKARTA - Setelah sempat ditunda, WhatsApp akhirnya akan menerapkan kebijakan berbagi data dengan facebook pada pembaruan atau update, yang akan dilakukan tanggal 15 Mei 2021 mendatang.

Seperti diketahui, kebijakan berbagi data dengan facebook yang semula dijadwalkan pada tangga 8 Februari 2021 itu sempat mendapatkan penolakan dari sejumlah pengguna WhatsApp.

Sebagian menolak pembaruan tersebut, lantaran meragukan keamanan akun mereka jika harus berbagi data dengan facebook. Terlebih sempat ada rumor bahwa siapapun yang menolak pembaruan tersebut, terancam tak akan bisa lagi menggunakan akun WhatsApp yang ada di telpon pintarnya.

Hal itu juga lah yang menimbulkan pro kontra, sehingga kemudian WhatsApp mengambil langkah untuk menunda pembaruannya sampai tanggal 15 Mei 2021 mendatang.

Sejauh ini, kebijakan pembaruan di tanggal 15 Mei 2021 nanti tampaknya akan tetap dilakukan oleh WhatsApp. Kebijakannya pun tetap sama, tetap akan ada opsi 'menolak' buat pengguna yang tak mau melakukan pembaruan.

Mengenai rumor akan dihapusnya akun jika menolak, Dalam keterangan di halaman website resminya, WhatsApp menjelaskan, tak akan ada penghapusan akun. Namun akan tetap ada sejumlah konsekuensi berkaitan dengan sejumlah fungsi fitur, yang tak akan bisa digunakan lagi.

"Agar Anda memiliki cukup waktu untuk meninjau perubahan, tanggal berlakunya pembaruan telah kami undur menjadi tanggal 15 Mei 2021. Jika Anda belum menerima pembaruan hingga tanggal tersebut, WhatsApp tidak akan menghapus akun Anda," tulis WhatsApp dalam keterangannya.

"Namun, Anda tidak akan mendapatkan seluruh fungsionalitas WhatsApp sampai Anda menerima pembaruan. Untuk sementara waktu, Anda akan tetap dapat menerima panggilan dan notifikasi, tetapi Anda tidak akan dapat membaca atau mengirim pesan di WhatsApp."

Dalam keterangan resminya itu, WhatsApp juga menuliskan beberapa opsi terkait pembaruan yang akan mereka lakukan di tanggal 15 Mei 2021 nanti.

Mulai dari pemberitahuan bahwa opsi pembaruan masih akan bisa diterima pengguna, sekalipun telah melewati tanggal 15 Mei 2021. Saran agar pengguna melakukan ekspor riwayat chat, hingga harapan agar pengguna mempertimbangkan untuk tidak menghapus akunnya sendiri.

"Sebelum tanggal 15 Mei 2021, Anda dapat mengekspor riwayat chat pada Android atau iPhone, dan mengunduh laporan akun Anda."

"Jika Anda ingin menghapus akun Anda pada Android, iPhone, atau KaiOS, kami berharap Anda mempertimbangkannya kembali. Akun yang telah dihapus tidak dapat kami pulihkan karena penghapusan akun akan menghapus riwayat pesan, mengeluarkan Anda dari semua grup WhatsApp, dan menghapus cadangan WhatsApp Anda,' tulis WhatsApp.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER