Selamat

Sabtu, 19 Juni 2021

PARIWISATA

05 Juni 2021|08:04 WIB

Rekomendasi Kuliner Saat Berkunjung Ke Medan

Aroma dan cita rasa rempah juga melekat dalam kuliner khas Sumatra Utara

Penulis: Dwi Herlambang,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageMie Gomak, makanan khas daerah tanah Batak Toba. Sumberfoto: Shutterstock/dok

JAKARTA - Berwisata kuliner memang menjadi agenda wajib ketika sedang pelesiran ke luar kota. Jika sedang berada di Kota Medan, Sumatra Utara, ada banyak makanan yang bisa dicoba. 

Menu pertama adalah Mie Gomak. Mie Gomak berasal dari wilayah Balige di tepian Danau Toba. Ini menjadi salah satu sajian khas Kota Medan yang wajib dicicipi, karena memiliki keistimewaan pada bentuk mienya yang besar. 

Mie ini hanya dibuat di Sumatra Utara dan biasa juga disebut mie lidi. Selain dimakan langsung, mie ini juga bisa dicampur dengan kuah lontong atau bumbu kacang. 

Sebenarnya ada banyak tempat untuk menikmati Mie Gomak, namun biasanya wisatawan bisa langsung datang ke wilayah Pasar Balige yang terletak di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Tidak kalah dengan kota-kota di Pulau Jawa, Medan juga memiliki menu soto. Yang berbeda, soto Medan memiliki ciri khas kuah santan yang berwarna kuning kehijauan dengan jintan sebagai rempah andalannya. 

Soto Medan juga menawarkan berbagai isian di dalamnya, mulai dari daging sapi, ayam atau udang. Untuk menu pelengkap, biasanya disajikan bersama dengan perkedel kentang dan rempeyek udang.

Selanjutnya adalah bihun bebek. Bihun bebek memiliki keunikan karena memiliki dua pilihan kuah, yakni kuah kaldu dan kuah herbal. Kuliner ini lebih mencerminkan sajian ini sebagai sup dengan dengan citra rasa unik dengan sajian daging bebek sebagai lauknya.

Selanjutnya adalah bakso lembu. Bakso lembu tidak terbuat dari daging sapi atau ayam, melainkan daging lembu yang diolah bersama tepung dan rempah-rempah. Untuk diketahui, lembu adalah jenis sapi yang biasanya dikebiri karena untuk membantu manusia dalam bekerja. 

Terakhir adalah babi panggang Karo. Makanan ini adalah yang paling ikonik di Medan. Banyaknya warga etnis Batak Karo di kota Medan membuat makanan khas Tanah Karo ikut tersebar di sudut kota. Dalam penyajiannya, biasanya akan ditemani oleh sambal yang terbuat dari andaliman.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA