23 Agustus 2025
13:08 WIB
Rayakan Album Karma Stray Kids Dengan Pameran Imersif Di Jakarta
Pameran STAYdium yang merayakan album Karma, memberi kesempatan para penggemar untuk merasakan energi Stray Kids secara imersif, dengan narasi berfokus pada evolusi grup tersebut waktu ke waktu.
Editor: Andesta Herli Wijaya
Pameran STAYdium Jakarta dari Spotify untuk merayakan peluncuran album KARMA dari Stray Kids di City Hall Jakarta, Pondok Indah Mall 3, Jakarta, Jumat (22/8/2025). ANTARA News/Nanien Yuniar.
JAKARTA - Grup K-Pop Stray Kids merayakan album terbaru, Karma dengan menyapa penggemar di Jakarta lewat pameran imersif. Program bertajuk STAYdium digelar di City Hall, Pondok Indah Mall 3, Jakarta pada 22 hingga 25 Agustus mendatang.
Diinisiasi Spotify, STAYdium mengajak penggemar Stray Kids merasakan kehadiran grup K-pop idola mereka dalam medium lain, lewat serangkaian instalasi menarik.
"Perjalanan Stray Kids benar-benar luar biasa, dan ikatan mereka yang kuat dengan STAY menjadi bukti dari karya dan kerja keras mereka," ungkap Gautam Talwar, General Manager Spotify, Asia Pasifik sebagaimana dilansir dari Antara, Sabtu (23/8).
STAY menghadirkan ruang bagi penggemar untuk masuk ke dalam cerita para personel Stray Kids. Pameran ini member kesempatan para penggemar untuk merasakan energi Stray Kids secara imersif, dengan narasi berfokus pada evolusi grup tersebut waktu ke waktu.
Sebelum merasakan pameran terkurasi soal evolusi Stray Kids, pengunjung bisa berfoto dulu dengan Bang Chan, Lee Know, Changbin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin, dan I.N di area depan. Antrean menuju loket juga dihiasi dengan foto-foto mereka dalam skala besar, jadi waktu akan terasa berlalu cepat sebelum pengunjung mendapatkan lanyard dengan emblem STAYdium.
Zona pertama adalah terowongan reflektif dengan lampu biru berkelap-kelip. Jangan berjalan terlalu terburu-buru, nikmati detail-detail yang terselip di pinggir terowongan.
Terdapat informasi soal perjalanan Stray Kids dari debut hingga akhirnya menjadi bintang global dan tampil di negara-negara selain Korea Selatan. Pada sisi yang berlawanan, Anda bisa membaca prestasi musik Stray Kids dari sudut pandang Spotify, termasuk capaian tahun 2024 saat mereka jadi grup K-pop generasi keempat yang paling sering didengarkan dalam Spotify Wrapped 2024.
Zona berikutnya adalah Shooting Court. Setelah melewati jembatan, mendadak Anda akan serasa menjadi atlet basket. Terdapat enam ring basket, setiap orang punya kesempatan untuk melempar bola dua kali. Jika bola berhasil masuk ke ring, pengunjung bakal mendapatkan stempel untuk mengambil hadiah khusus di akhir perjalanan.
Berikutnya, pengunjung akan serasa diajak ke balik layar Stray Kids seandainya mereka seorang atlet. Ruang loker yang luas, dihiasi tulisan seperti "Stray Kids Stay", kursi-kursi empuk di sekeliling, serta deretan loker dengan nama dan foto tiap anggota. Tempat ini jadi lokasi berfoto favorit, sebab setiap loker punya ciri khas tersendiri.
Ada loker yang menyimpan raket tenis, bola sepak, gitar, bahkan sarung tinju. Identitas setiap anggota grup juga diwakili oleh boneka menggemaskan SKZOO, delapan maskot karakter hewan lucu yang mewakili setiap orang. Tentu saja ada benda-benda yang menggambarkan kepribadian personil Stray Kids di setiap loker.
Baca juga: Film-film Konser BTS Akan Diputar Di 2.000 Bioskop Dunia
Dari loker, pengunjung akan masuk ke area utama yakni The STAYdium. Didekorasi seperti lapangan atletik, ruangan luas ini berisi track untuk berlari, dikelilingi tempat duduk, layar yang menampilkan video Stray Kids, serta poster besar menawan. Di bagian tengahnya, ada trofi mencolok, sebuah simbol dari pencapaian Stray Kids.
Terdapat cermin besar di pojok ruangan, selain menambah efek ruangan yang terasa lebih luas, rupanya cermin tersebut berfungsi juga sebagai dinding pesan. Para staf sudah menyiapkan spidol warna-warni yang bisa digunakan untuk menulis pesan kepada sang idola. Pesan-pesan seperti "I love you, Hyunjin" sampai kalimat penyemangat agar mereka terus berusaha telah mewarnai zona ini.
Selain itu, ada pula games STAYdium Champions Quiz, kuis seru yang terinspirasi dari tema album yang berkaitan dengan takdir. Setiap penggemar akan dipasangkan dengan salah satu member Stray Kids dan mendapatkan kartu digital personal yang bisa dibagikan,
Sudah puas merayakan album "Karma"? Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah berburu merchandise di Spotify Fanshop.
Pameran di Jakarta ini berlangsung bersamaan dengan pameran di Seoul, yakni 22-25 Agustus 2025. Selanjutnya, pameran digelar di Tokyo pada 23-27 Agustus.
Dalam siaran resmi, Stray Kids mengatakan mereka bisa ada di titik ini berkat para penggemar. Oleh karena itu, STAYdium Jakarta merupakan sebuah bentuk apresiasi untuk STAY (sebutan untuk penggemar Stray Kids) yang membuat grup K-pop tersebut bisa bertahan dan mencapai sejumlah prestasi di bidang musik hingga sekarang.
"Berkolaborasi dengan Spotify untuk menghadirkan Spotify STAYdium terasa seperti kembali ke awal perjalanan. Ruang ini adalah perayaan dari semua yang telah kami bangun bersama STAY, dan kami berharap mereka bisa merasakan cinta kami di setiap momennya," terang Stray kids.