18 Desember 2023
20:35 WIB
Penulis: Arief Tirtana
Editor: Satrio Wicaksono
JAKARTA - Penggunaan kertas kado tidak bisa dimungkiri memberikan dampak bagi lingkungan, karena bahan bakunya yang berasal dari pohon. Belum lagi penggunaannya yang hanya sekali pakai, otomatis akan menambah volume sampah.
Dalam keterangannya, brand audio JBL menyebut, diperkirakan setiap tahunnya ada hampir 4 juta ton kertas pembungkus kado dibuang begitu saja dan menjadi limbah di tempat pembuangan sampah. Jumlah tersebut jika dibandingkan, setara dengan hampir 40 juta pohon yang ada di dunia.
Dari latar belakang tersebut, JBL kemudian membuat kampanye yang dinamakan "Rap Your Gifts". Sebuah inisiatif untuk mendorong konsumen agar mengganti kado dengan lagu rap yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan keinginan pengirim ataupun penerima kado, menggunakan teknologi AI (artificial intelligence).
Kampanye ini diluncurkan jelang akhir tahun 2023, mengingat aktivitas tukar kado sering menjadi kegiatan merayakan pergantian tahun.
"Dampaknya terhadap lingkungan tidak bisa dimungkiri. Di Indonesia, hutan luas semakin menipis karena tingginya permintaan untuk produksi kertas kado, yang dapat mengarah ke deforestasi. Maka dari itu, JBL menghadirkan terobosan untuk masalah ini," ungkap JBL dalam keterangannya.
Penggunaan lagu rap ini tampaknya dipilih JBL sebagai plesetan dari kata wrap (membungkus) yang identik dengan kertas kado. Jadi, alih-alih membungkus kadonya dengan kertas, pihaknya mengajak konsumen 'membungkus' hadiah dalam balutan sebuah lagu rap yang bisa dibuat secara personal.
Harapannya, dengan memilih Rap Your Gifts, konsumen tidak hanya membuat hadiah yang berkesan, tetapi juga bisa berkontribusi untuk masa depan yang lebih hijau.
"JBL percaya bahwa kekuatan musik dapat menyatukan orang-orang dan menginspirasi perubahan. Dengan ‘Rap Your Gifts’, kami memanfaatkan kekuatan tersebut untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan, satu hadiah rap untuk setiap kesempatan," kata Benjamin Tan, Senior Manager Integrated Marketing Consumer Audio, HARMAN Asia-Pasific.
Untuk bisa mengirimkan lagu rap yang telah dipersonalisasi sebagai hadiah, konsumen bisa masuk ke halaman The Season Of Gifting di website JBL, kemudian klik banner Rap Your Gifts yang ada di situ.
Nantinya, pengguna tinggal menekan create your rap, dan langsung bisa memilih sejumlah lagu rap yang telah disediakan, sesuai dengan kepada siapa lagu itu akan dikirim sebagai hadiah.
Untuk membuat lagu rap yang lebih personal menggunakan AI, konsumen bisa memilihnya di kolom more, kemudian klik create AI rap. Di situ mereka bisa memilih latar musik yang ingin dipilih, jenis suara atau siapa yang menyanyikan, serta bisa menulis deskripsi lirik seperti apa yang mereka inginkan, sebelum nantinya AI akan membuat lirik sesuai deskripsi tersebut.
Setelah hasilnya selesai menjadi sebuah lagu, konsumen bisa memilih skin (animasi digital) yang mereka inginkan, sebelum kemudian bisa mengirimkan lagu rap tersebut sebagai kado ke orang terdekat mereka, melalui tautan, baik itu lewat WhatsApp, email dan juga berbagai pilihan lainnya.
Sejauh ini, JBL mengungkapkan bahwa inisiatif "Rap Your Gifts" telah mendapat dorongan besar, dengan 346.521 rap telah dibuat. Atau artinya setara dengan 87 pohon yang bisa terselamatkan.