05 Mei 2023
18:28 WIB
Penulis: Arief Tirtana
Editor: Rendi Widodo
JAKARTA - PUMA secara resmi mengumumkan kemitraan dengan Formula 1 (F1) sebagai sponsor apparel ajang balapan tersebut.
Kemitraan multitahun yang diumumkan Kamis (4/5) ini akan membuat brand asal Jerman itu bisa memproduksi pakaian, sepatu, dan aksesori berlisensi F1 secara eksklusif, termasuk bisa menjual merchandise F1 dan tim di sejumlah balapan Grand Prix yang akan berlangsung beberapa musim ke depan.
Sebagai bagian dari kesepakatan, penggemar juga dipastikan akan dapat membeli produk F1 di puma.com dan di toko PUMA di seluruh dunia.
Selain itu, kesepakatan ini akan membuat PUMA berhak memasok seragam untuk semua personel F1 di sirkuit mulai tahun 2024.
Stichd, sebagai anak perusahaan PUMA pun akan memiliki hak menjual produk berlisensi resmi F1 di tepi lintasan secara eksklusif. Mulai dari replika pakaian tim, pakaian penggemar, dan koleksi edisi khusus dari kesepuluh tim di toko ritel penggemar di sejumlah balapan F1 sepanjang musim.
Presiden dan CEO F1, Stefano Domenicali menjelaskan bahwa saat ini F1 sedang terus berkembang di seluruh dunia dan menjangkau penggemar baru melalui kolaborasi yang menarik.
Dia juga melihat olahraga ini tengah memasuki area budaya arus utama yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.
Oleh karena itu, PUMA sebagai merek yang memiliki sejarah yang kaya dalam dunia motorsport, dinilai Stefano sangat cocok dengan F1. Untuk membawa produk apparel resmi olahraga balap jet darat ini ke level berikutnya.
"Kami akan membawa apparel ini ke level berikutnya, untuk para penggemar di jalanan, pembalap di paddock, dan lainnya," kata Stefano.
Sejak pertengahan tahun 1980-an, PUMA memang telah mempelopori produksi berbagai pakaian motorsports, seperti terusan tahan api, sepatu balap, dan perlengkapan balap performa tinggi lainnya.
Termasuk juga koleksi pakaian tim, pakaian penggemar, dan pakaian gaya hidup untuk beberapa tim terkemuka di olahraga balap motor dan mobil.
CEO PUMA Arne Freundt bahkan berani mengklaim bahwa PUMA telah menjadi merek olahraga paling autentik dan kredibel di dunia motorsport. Perusahaannya memiliki keahlian untuk menciptakan produk terbaik bagi pembalap dan tim terkemuka dunia, serta untuk para penggemarnya.
Selain itu, Arne Freundt juga menilai bahwa pengaruh motorsport, F1 secara khusus pada olahraga dan budaya streetwear, telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Sehingga kemitraan ini dinilai nya menjadi kesempatan menarik untuk bisa mengembangkan lagi tren positif tersebut secara lebih luas.
"Kemitraan baru kami dengan F1 merupakan kesempatan menarik untuk mengeksplorasi lebih jauh perpaduan olahraga motor dan gaya hidup ini. PUMA selalu berada di persimpangan antara olahraga dan mode, dan kami merasa berada di posisi yang tepat untuk menerjemahkan budaya olahraga ke dalam koleksi streetwear yang relevan dan mendorong popularitas merek dengan audiens yang muda, kaya, dan beragam," yakin Arne Freundt.