17 Maret 2023
16:29 WIB
Penulis: Arief Tirtana
Editor: Satrio Wicaksono
JAKARTA - PUBG Mobile menghadirkan kolaborasi terbarunya dengan merek streetwear Indonesia, Machine56. Kolaborasi ini menandai kemitraan perdana game tersebut dengan brand fesyen lokal.
Country Manager Level Infinite Indonesia, sebagai Publishing PUBG Mobile di tanah air, Elvarica Noviyanti mengungkapkan, kolaborasi ini menjadi salah satu bentuk komitmen PUBG Mobile dalam memberikan pengalaman baru bagi para pemainnya dan dapat dinikmati oleh para penggemar game dan fashion di mancanegara.
Apalagi, komunitas PUBG Mobile mengenal Machine56 sebagai salah satu brand streetwear terfavorit yang mengedepankan estetika futuristik dan elegan.
"Inilah yang mendorong PUBG Mobile untuk bekerja sama dengan Machine56 untuk menghadirkan streetwear eksklusif yang bisa didapatkan oleh penggemar kami di dalam maupun luar permainan," terang Elvarica.
Dalam kolaborasi ini, PUBG Mobile meluncurkan in-game skin bertema Machine56 agar para pemain dapat tetap tampil stylish di Battlegrounds. Sementara itu, Machine56 meluncurkan apparel eksklusif bertema PUBG Mobile yang diproduksi secara terbatas, yakni hanya ada 300 unit di seluruh dunia.
President Director Machine56, Rajaya Yogaswara atau yang akrab disapa Yoga, menjelaskan bahwa kolaborasi desain in-game skin Machine56 bersama PUBG Mobile dibuat dengan mengangkat tema Style Over Substance. Di mana Style Over Substance sendiri merupakan ungkapan yang sering digunakan untuk menggambarkan situasi di mana estetika visual dinilai lebih tinggi daripada makna yang mendasarinya.
Dalam konteks Cyberpunk, ‘Style Over Substance’ berfokus pada elemen visual dan gaya dari genre tersebut. Dan melalui kolaborasi ini, Machine56 serta PUBG Mobile ingin menyampaikan pesan More Styles, More Skills, untuk para fans kami.
In-game skin dari kolaborasi ini yaitu sebuah setelan kostum bernama M56 FL V1A-PBU Set bisa ditemui di PUBG Mobile mulai Jumat, 17 Maret 2023 di Indonesia dan Amerika Serikat.
Selain menghasilkan in-game skin, kolaborasi ini juga menghadirkan apparel fisik berupa jaket, T-Shirt, dan helm khas Machine56. Koleksi eksklusif ini akan dirilis dan dijual secara global, melalui website Machine56 di https://www.machine56.com/.
"Ini adalah pesan yang ingin kami sampaikan untuk semua penggemar Machine56 dan PUBG Mobile agar berani mengambil risiko dalam melakukan eksperimen kreatif," ujar Yoga.
Kolaborasi antara PUBG Mobile dan Machine56 ini pada dasarnya bisa tercipta berkat inisiasi dari collaborative agency LabX, yang merupakan salah satu divisi dari agensi marketing digital Bubu.com. LabX sendiri telah menjadi agensi marketing Machine56 sejak 2020.
Dalam keterangannya, LabX mengungkapkan bahwa mereka memiliki visi #ImpactCollab, dengan misi mengangkat brand lokal di pasar Indonesia dan menembus market global, untuk mendukung perkembangan produk dalam negeri.
"Kerja sama antara Machine56 dan PUBG Mobile ini juga menunjukkan pentingnya kolaborasi dalam mengembangkan pemikiran kreatif dan penetrasi ke target market yang baru," kata Shinta Dhanuwardoyo selaku CEO dari Bubu.com, yang juga penggiat ekonomi kreatif.