12 Juni 2025
17:49 WIB
Produk Kecantikan Yang Tetap Tren Di Kalangan Milenial Dan Gen Z
Seiring dengan kemajuan teknologi dan perubahan gaya hidup, tren penggunaan produk kecantikan terus berubah mengikuti zamannya. Seperti apa tren ke depannya?
Penulis: Gemma Fitri Purbaya
Editor: Satrio Wicaksono
Ilustrasi Wanita Mengenakan Hijab Sedang Make Up. Sumber: Amorn Suriyan/Shutterstock
JAKARTA- Industri kecantikan semakin berkembang berkat kecanggihan teknologi dan perkembangan informasi yang ada. Melihat itu, Populix mengungkap enam inovasi produk perawatan kulit yang diperkirakan masih akan populer.
Tren-tren ini berpusat pada kebutuhan gaya hidup anak muda yang ingin serba praktis, persona yang lebih kritis, sadar akan lingkungan, serta perkembangan teknologi artificial intelligence (AI).
"Produk perawatan kulit kini tidak hanya diharapkan mengikuti perkembangan teknologi dan klinis, tetapi juga dapat memenuhi aspek etis dan ekologis, seperti gaya hidup vegan dan sustainable living," kata VP of Research Populix Indah Tanip.
Apa sajakah tren perawatan kulit yang masih akan tren sampai tiga tahun ke depan? Berikut ulasannya.
Produk dengan Formulasi Vegan
Produk perawatan kulit yang tidak mengandung bahan hewani dan tidak diuji coba pada hewan sejak dari penyediaan bahan baku sampai menjadi produk akhir, diprediksi masih akan menjadi tren untuk beberapa tahun ke depan.
Tren ini sangat dipengaruhi oleh gaya hidup vegan yang menghindari semua produk hewani termasuk telur, susu, madu, bahkan bahan-bahan seperti gelatin. Dari sana, kesadaran masyarakat terhadap kesejahteraan hewan pun turut andil dalam tren ini.
Produk Berbahan Fermentasi
Bahan fermentasi dan probiotik terkenal memiliki manfaat signifikan bagi kesehatan, termasuk kulit. Mulai dari mampu memperkuat lapisan kulit, mengurangi jerawat, sampai mengatasi peradangan pada kulit.
Hal itulah yang mendorong produk perawatan kulit mengandung bahan fermentasi dan probiotik masih akan digandrungi. Uniknya, tren ini cenderung lebih populer di kalangan laki-laki dan konsumen yang tinggal di pulau Sumatera.
Produk yang didukung AI
Perkembangan pesat teknologi kecerdasaan buatan memberikan dampak dalam berbagai lini kehidupan, termasuk industri perawatan kulit. AI sendiri diketahui akan berperan penting dalam menghadirkan pengalaman yang lebih consumer-centric, dari menganalisa kulit dan rambut secara personal, peracikan produk perawatan kulit sesuai kebutuhan, sampai mencoba makeup secara virtual.
Maka itu, produk yang didukung oleh AI pun akan semakin diminati oleh gen milenial dan Z.
Produk Berbasis Sains
Konsumen saat ini lebih kritis terhadap apa yang mereka konsumsi sehari-hari, termasuk penggunaan produk perawatan kulit. Konsumen muda cenderung memilih produk perawatan kulit yang didukung dengan temuan saintifik dari uji laboratorium dan ahli dermatologi, ketimbang produk berbasis mitos dan kepercayaan.
Produk perawatan kulit berbasis sains juga umumnya lebih aman sehingga meminimalisir risiko timbulnya reaksi negatif pada kulit. Formulasi yang ada di dalamnya pun dikembangkan dengan konsentrasi efektif yang tetap aman, bukan sekadar mengikuti tren.
Produk yang Hybrid
Kepraktisan kombinasi produk perawatan kulit dan makeup menjadi solusi bagi generasi muda yang dituntut untuk lebih cekatan setiap saat. Pasalnya, mereka bisa menghemat waktu berdandan sebelum pergi keluar rumah tanpa perlu kompromi dengan kesehatan kulit. Itulah yang membuat produk hybrid masih akan tetap tren sampai beberapa waktu ke depan.
Beberapa di antaranya adalah foundation dengan kandungan SPF untuk menghalau sinar ultraviolet, lipstik yang dapat menjaga kelembapan bibir, blush on dengan kandungan niacinamide, sampai bronzer dengan manfaat dari berbagai minyak esensial.
Clean Beauty
Tren produk perawatan kulit yang paling populer dan masih akan digemari oleh generasi milenial dan Z adalah produk clean beauty atau yang menonjolkan bahan natural minim zat kimia. Bahan-bahan 'hijau' ini dipilih karena dinilai lebih ramah lingkungan dan berdampak paling minim terhadap lingkungan.
Tren ini sangat digemari oleh kaum milenial, khususnya wanita, seiring dengan naiknya popularitas gaya hidup sustainable living beberapa tahun terakhir. Mayoritas orang berpendapat tren ini masih akan populer melihat terus meningkatnya kesadaran ekologis di masyarakat.
Itulah beberapa tren perawatan kulit yang masih akan tren sampai beberapa tahun ke depan. Kendati begitu, pastikan selalu memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan supaya mendapatkan hasil yang optimal.
"Pengguna skincare dari generasi milenial dan Z lebih kritis dengan produk saat ini dan yang akan dipakai. Mereka tidak sekadar ikut-ikutan saja, karena itu kami merasa para pelaku bisnis harus tetap melek terhadap tren masa kini dalam berinovasi," tutup Indah.