19 Maret 2024
14:51 WIB
Penulis: Siti Nur Arifa
Editor: Satrio Wicaksono
JAKARTA – Saat momen libur Lebaran nanti, diprediksi akan ada sekitar 193,6 juta atau 71,7% dari total 270 juta masyarakat Indonesia yang melakukan pergerakan, baik berwisata dan pulang kampung. Tak heran, jika sebelumnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengimbau agar pengelola wisata dan layanan transportasi melakukan persiapan matang.
Menindaklanjuti imbauan yang ada, Kemenparekraf sendiri menjalin kolaborasi dengan PT. Kereta Api Indonesia/KA Wisata dan Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) menghadirkan program Bundling Paket Wisata dengan kereta api. Tidak sekadar menyambut momentum libur Lebaran, ini dilakukan sebagai upaya untuk mencapai target pergerakan wisatawan Nusantara sebanyak 1,5 miliar di tahun 2024 ini.
Membuktikan keseriusan dalam menghadirkan program ini, Kemenparekraf telah mengumpulkan 15 kepala dinas pariwisata di Pulau Jawa yang daerahnya dilewati jalur kereta api. Diharapkan muncul ide-ide kreatif dalam menghadirkan paket wisata yang bisa mengundang para wisatawan berkunjung.
Detail Paket Wisata yang Ditawarkan
Direktur Komersial PT Kereta Api Indonesia, Hadis Surya Palapa menjelaskan, kolaborasi ini menghadirkan dua program turunan dari Bundling Paket Wisata dengan Kereta Api, yakni Nyok Mudik ke Jakarte Aje dan Wisata Senin-Kamis.
Program Nyok Mudik ke Jakarte Aje menawarkan sekitar 20 jalur menuju Jakarta yang bisa dimanfaatkan untuk calon wisatawan. Paket-paket wisata ini dikemas secara komplit dan menarik, meliputi akomodasi, kuliner, hingga objek wisata.
"Kita berikan diskon untuk kereta api sampai dengan 30% dan berlaku selama libur Lebaran," papar Hadis, dalam agenda Weekly Brief bersama Sandiaga Uno yang berlangsung di Jakarta, Senin (18/3).
Sementara itu untuk program Wisata Senin-Kamis, menawarkan tiket kereta api dengan diskon menarik ke berbagai tujuan bagi mereka yang melakukan perjalanan di hari Senin sampai Kamis. Promo ini hanya berlaku di travel agent yang melakukan bundling layanannya menggunakan kereta api.
"Kita tawarkan tiket promo sampai dengan 30% juga dan ini masa berlakunya sampai setelah lebaran. Dan promonya hanya ada di Senin sampai Kamis," terang Hadis lagi.
Ragam Promo Lain untuk Gaet Wisatawan
Selain program kolaborasi dalam bentuk bundling paket wisata, PT KAI juga diketahui menghadirkan program Ramadhan Festive yang dikelola secara mandiri. Berlangsung pada 20-21 Maret 2024, KAI menyediakan sebanyak 38.000 tempat duduk dengan tarif untuk kelas eksekutif seharga Rp300 ribu, kelas bisnis Rp250 ribu, dan kelas ekonomi seharga Rp200.
Selain itu di akhir masa program, tepatnya pada 21 Maret, akan ada penawaran flash sale selama satu jam bagi para traveler. Di mana KAI menawarkan tiket kereta super murah hanya dengan Rp150.000 untuk kelas eksekutif dengan tujuan manapun.
"Dengan memberikan kesempatan tarif-tarif yang begitu menarik, namun safety tetap menjadi prioritas bagi kami. Begitupun dengan pelayanan, kualitas perjalanan, dan experience yang menjadi concern bagi kami," tutur Hadis.
Di lain sisi, Ketua Umum ASTINDO, Pauline Suharno menerangkan, apabila KAI menyediakan moda transportasi untuk mendukung pergerakan wisatawan Nusantara, pihaknya berperan sebagai penyedia paket-paket wisata tematik di daerah.
"Kami membuat paket-paket dimana masyarakat bisa melakukan perjalanan dari Nganjuk, Blitar, Kebumen dimana kota-kota ini tidak terjangkau oleh bandara. Jadi mereka bisa liburan di Jakarta aja dengan harga promosi diskon hotel, diskon atraksi, dan diskon tiket kereta," ujar Pauline dalam kesempatan sama.
Menanggapi adanya kolaborasi ini Menparekraf Sandi berharap semakin banyak wisnus yang tertarik dan mulai merencanakan perjalanan wisatanya pada momentum libur lebaran dengan KAI dan travel agent.
"Dengan promo dan paket wisata yang ditawarkan diharapkan dapat membantu meningkatkan pengalaman dan kesan yang mendalam bagi wisatawan nusantara," pungkasnya.