24 April 2024
13:31 WIB
Orang Tua Diimbau Pilih Sekolah Sesuai Minat Bakat Anak
Menjelang tahun ajaran baru 2024/2025, para calon orang tua murid silakan lakukan riset untuk sekolah-sekolah yang sesuai dengan minat dan bakat anaknya
Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan menginisasi program Sekolah Branding. Tujuannya, agar para orang tua dan siswa dapat memilih sekolah sesuai dengan unggulannya masing-masing. dok. Pemkot Tanggerang
TANGERANG – Orang tua murid diminta berdiskusi dan memilih sekolah yang sesuai dengan minat serta bakat anak-anak. Pasalnya setiap anak memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda baik akademis maupun non-akademis. Sementara sekolah menjadi salah satu tempat memaksimalkan minat dan bakat tersebut.
Hal ini diungkapkan Kepala Disdik Kota Tangerang Jamaluddin di Tangerang, Rabu (24/4). Ia mengatakan Pemkot Tangerang memiliki Program Sekolah Branding yang bertujuan agar para orang tua dan siswa dapat memilih sekolah sesuai dengan unggulan masing-masing."Pemkot Tangerang melalui Dinas Pendidikan memiliki Program Sekolah Branding. Tujuannya, agar para orang tua dan siswa dapat memilih sekolah sesuai dengan unggulannya masing-masing," ujarnya.
Menjelang tahun ajaran baru 2024/2025, kata dia, para calon orang tua murid silakan lakukan riset untuk sekolah-sekolah yang sesuai dengan minat dan bakat anaknya. "Mudah-mudahan, Sekolah Branding ini dapat menyalurkan dan memaksimalkan berbagai minat dan bakat para siswa," kata dia.
Sekolah Branding ini mengakomodir dan memaksimalkan minat bakat para siswa. Tiap sekolah, kata dia, memiliki ciri khasnya seperti sekolah yang unggulan untuk atlet sepak bola, ada sekolah yang unggul untuk marching band dan semacamnya. "Jadi para orang tua juga dapat menyesuaikan ke sekolah mana yang dapat memaksimalkan bakat anak-anaknya,” ucap Jamaluddin.
Akademis dan Non - Akademis
Ia melanjutkan contoh Sekolah Branding di Kota Tangerang adalah SMP 16 Kota Tangerang yang sering mencetak atlet-atlet sepak bola, bahkan hingga tingkat profesional. Lalu ada juga SDN Keroncong 1 yang sering meraih gelar juara dalam Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB).
"Baik keunggulan bidang akademis atau non-akademis sekolah dapat memaksimalkan minat dan bakat para siswa, sehingga prestasi-prestasi juga dapat diraih baik oleh sekolah atau pun siswa secara pribadi. Intinya, siswa dapat menyalurkan apa yang menjadi kemampuannya dengan baik," tuturnya.
Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Tangerang Banten menyebutkan, sejak diluncurkan pada tahun 2022, saat ini sudah ada 90 sekolah branding terdiri dari 33 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 60 Sekolah Dasar (SD).
Jamaluddin mengatakan, program sekolah branding merupakan terobosan untuk memberikan kemudahan bagi wali murid, dalam menentukan pilihan sekolah bagi anak-anaknya pada saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan berfokus mengunggulkan ciri khas yang dimiliki. Sehingga para wali murid bisa memilih sekolah yang sesuai dengan kemampuan siswanya. Sebab setiap sekolah memiliki ciri khas unggulan program yang dijalankan.
Misalnya saja, SDN Kebon Besar 1 dengan branding agama-tahfidz, SDN Panunggangan 1 dengan branding sekolah digital, SDN Perumnas 1 dengan branding olahraga, SDN Kedaung Wetan 5 dengan branding seni-marching band.
Ia melanjutkan, mekanisme yang berjalan dalam program Sekolah Branding juga tidak berjalan serampangan. Berbasis tahapan proses yang jelas, Disdik Kota Tangerang akan memberikan pendampingan dan pembekalan kepada pimpinan tiap sekolah dalam merumuskan ciri khas dan keunggulan yang akan dipilih.
“Kamiakan terus mendorong agar sekolah-sekolah, baik negeri dan swasta, dapat menjadi Sekolah Branding dengan kekhasan dan keunggulan masing-masing. Sejalan dengan itu, kita terus akan memberikan pendampingan dan pembekalan, salah satunya seperti menghadirkan Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi, hingga Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan LPMP,” kata dia.
Seiring berjalannya waktu, Sekolah Branding telah menujukkan hasil yang konkrit, salah satunya melalui prestasi yang dicapai. Selain itu, berbagai ciri khas dan keunggulan juga telah terumuskan secara beragam, seperti akademik, olahraga, kesenian, digital, agama, dan rumusan-rumusan lain yang lebih spesifik.
“Terkait apa yang telah kita terapkan, ini membawa pengaruh yang sangat baik, mengingat program sekolah bisa disesuaikan dengan branding yang dipilih sehingga menciptakan output yang jelas. Tidak hanya itu, beberapa sekolah juga telah mencetak prestasi hingga tingkat nasional berdasarkan manfaat diterapkannya Sekolah Branding ini,” tandasnya.