Selamat

Minggu, 25 Juli 2021

TEKNO

21 Juli 2021|13:14 WIB

Orang Terkaya Di Dunia Sukses Terbang Ke Luar Angkasa

Keberhasilan Jeff Bezos ke luar angkasa itu menandai dibukanya program penerbangan komersil ke luar angkasa

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageIlustrasi roket. Pixabay/dok

JAKARTA – Orang terkaya di dunia saat ini, Jeff Bezos sukses melakukan penerbangan ke luar angkasa dengan menggunakan roket New Shepard, buatan perusahaan miliknya sendiri Blue Origins.

Jeff Bezos sukses melakukan perjalanan ke luar angkasa bersama tiga penumpang lainnya. Yakni adiknya Mark Bezos, Wally Funk dan juga Oliver Daemen, pada Selasa pagi (20/7) waktu Amerika Serikat.

Menggunakan roket yang terdiri dari badan utama setinggi 18 meter sebagai booster atau pelontar, dan kapsul di bagian atas sebagai tempat penumpang berada, keempatnya mulai lepas landas dari Situs Peluncuran Blue Origin One di dekat kota Van Horn, Texas Barat, Amerika Serikat pada pukul 8:11 pagi waktu setempat.

Setelah meluncur, bagian kapsul terpisah dari badan utama, melintasi garis Karman atau batas antara lapisan terluar atmosfer bumi dan luar angkasa. Hingga mencapai ketinggian 66,5 mil (107 kilometer) di atas Bumi.

Hanya sekitar 3 menit berada di luar angkasa dan menikmati situasi tanpa gravitasi (zero-G), Zeff Bezos dan kawan-kawan langsung kembali ke Bumi dan mendarat tak jauh dari tempat peluncurannya. Menggunakan tiga buah parasut yang terpasang di bagian atas kapsul yang mereka tumpangi.

Secara total, dari lepas landas hingga kembali mendarat, peluncuran yang dinamai dengan misi Blue Origin NS-16 ini, hanya menghabiskan waktu kurang lebih selama 10 menit.

 "Misi utama saya selesai. Saya tidak menendang siapa pun. Saya terkejut melihat betapa mudahnya zero-G, rasanya seperti berenang" gurau Bezos setelah pendaratan, dikutip dari The Verge.

Meski bukan miliuner pertama yang sukses terbang ke luar angkasa, karena sebelumnya telah ada Richard Branson bersama Virgin Galactic yang terbang di tanggal 11 Juli 2021. Kesuksesan Zeff Bezos bersama Blue Origins kali meninggalkan dua catatan rekor sekaligus. 

Pertama lewat penumpang mereka Wally Funk, yang sukses mencatatkan diri sebagai orang tertua yang berhasil terbang ke luar angkasa, dalam usia 82 tahun. Dan sebaliknya rekor juga diukir Oliver Daemen, yang menjadi manusia termuda yang terbang ke luar angkasa, dalam usia 18 tahun.

Buat Zeff Bezos sendiri, kesuksesan penerbangan ini sekaligus menandai dibukanya program penerbangan komersil ke luar angkasa Blue Origin, perusahaan yang telah didirikannya sejak tahun 2000.

Meski begitu, belum jelas berapa harga tiket yang akan dikenakan nantinya buat orang-orang yang ingin merasakan pengalaman luar biasa terbang ke luar angkasa. Bob Smith, CEO Blue Origin hanya mengatakan bahwa harga akan mengikuti pasar, dan mungkin akan seharga lebih dari US$1 juta atau sekitar Rp14,3 miliar.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA