c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

KULTURA

11 Agustus 2023

09:02 WIB

Musisi Asli Dari 7 Daerah Kampanyekan "Suara dari Indonesia 2023"

Ketujuh musisi yang menjadi sorotan dalam kampanye ini juga dibuatkan billboard di daerah mereka masing-masing berisi pesan personal yang ditujukan untuk kota kelahiran.

Penulis: Andesta Herli Wijaya

Editor: Rendi Widodo

Musisi Asli Dari 7 Daerah Kampanyekan "Suara dari Indonesia 2023"
Musisi Asli Dari 7 Daerah Kampanyekan "Suara dari Indonesia 2023"
Sesi konferensi pers Suara dari Indonesia oleh Spotify, di Silk Bistro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/8). Validnews/Andesta

JAKARTA - Spotify meluncurkan "Suara dari Indonesia 2023", kampanye untuk merayakan kiprah dan karya musisi Indonesia. Platform streaming tersebut meneruskan kampanye yang telah dimulai pertama kali pada tahun lalu.

Tahun ini, Spotify menggandeng musisi dari tujuh daerah sebagai representasi Indonesia. Mereka adalah Rossa yang mewakili musisi asal Jawa Barat, Reality Club (Jakarta), Soegi Bornean (Jawa Tengah), Happy Asmara (Jawa Timur), Anggi Marito (Sumatra Utara), dan Andmesh Kamaleng (Indonesia bagian Timur). Musisi asal Indonesia Timur sendiri baru hadir di kampanye tersebut pada tahun ini.

Managing Director Spotify Asia Pasifik Gautam Talwar mengatakan, kampanye ini merupakan perayaan bagi musisi Indonesia, dengan keberagamannya yang khas. Upaya ini merupakan wujud komitmen Spotify untuk mendukung perkembangan musisi lokal.

“Kampanye yang kami luncurkan ini menjadi selebrasi para musikus yang begitu beragam dengan nama dan genre baru. Ini sekaligus menjadi momen refleksi lewat kisah para musikus tentang apa yang memotivasi mereka dalam berkarya,” kata Gautam dalam konferensi pers yang berlangsung di Silk Bistro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, (10/8).

Pada kampanye ini, para pengguna Spotify di Indonesia bisa menemukan musik-musik dari para musisi di berbagai daerah Indonesia. Lagu-lagu dari para musisi asal daerah akan terhimpun di playlist berdasar nama daerah.

Selain itu ketujuh musisi yang menjadi sorotan dalam kampanye ini juga dibuatkan billboard di daerah mereka masing-masing berisi pesan personal yang ditujukan untuk kota kelahiran. Tak hanya di Indonesia, bilboard kampanye tersebut diproyeksikan juga akan tampil di mancanegara.

“Saya merasa senang bisa menjadi bagian dari kampanye Suara dari Indonesia ini. Aku bangga lahir di kota kecil, memulai karier dari Sumedang di panggung kecil dan sekarang bisa menyanyi di panggung besar,” kata Rossa.

“Aku mungkin menjadi salah satu saksi hidup bagaimana para pendengarku ini juga jadi lintas generasi. Dari non-streaming sampai sekarang ke era streaming. Sekarang ketika aku tampil di panggung-panggung festival, anak-anak usia 20-an semua hapal laguku. Dari festival ke pensi anak SMA, hapal. Kupikir dari mana mereka tahu lagu-laguku, tapi kan ternyata ya sudah era streaming. Jadi ini juga bisa membantu legacy para musikus untuk bisa terus ada,” sambung Rossa.

Peluncuran kampanye Suara dari Indonesia dari Spotify diawali dengan acara spesial, selebrasi bertajuk Kampung Spotify. Kegiatan yang menghadirkan panggung musik bagi para artis yang merepresentasikan kampanye tersebut.



KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar