c

Selamat

Kamis, 28 Maret 2024

KULTURA

18 September 2021

09:43 WIB

Musikalitas Baru Sivia Azizah Dalam Mini Album “Camellia”

Lewat album ini, ia ingin membagikan proses pendewasaannya dalam bermusik, serta pendewasaan pikiran dan perasaannya dalam memandang segala lika-liku perjalanan hidupnya di masa muda.

Penulis: Andesta Herli Wijaya

Editor: Rendi Widodo

Musikalitas Baru Sivia Azizah Dalam Mini Album “Camellia”
Musikalitas Baru Sivia Azizah Dalam Mini Album “Camellia”
Sivia Azizah. Dok. Ist

JAKARTA – Penyanyi berbakat Sivia Azizah kembali melahirkan karya barunya. Kali ini sebuah mini album bertajuk “Camellia”, yang resmi rilis Jumat (17/9).

Berbeda dengan album debutnya “Love Spells” (2020) yang meriah dan energik dalam balutan musik RnB, album terbaru kali ini mengusung nuansa musik yang lebih tenang dengan paduan musik jazz dan pop yang lebih dominan.

Sivia mengatakan, album “Camellia” adalah gambaran perjalanan musik maupun gagasan-gagasannya saat ini. lewat album ini, ia ingin membagikan proses pendewasaannya dalam bermusik, serta pendewasaan pikiran dan perasaannya dalam memandang segala lika-liku perjalanan hidupnya di masa muda.

“Mini album ini bercerita tentang perasaan yang aku miliki. Berangkat dari kasmaran, mini album ini secara keseluruhan isinya happy songs, tapi dikemas dengan mood yang berbeda-beda,” ungkap Sivia dalam keterangan resminya, Jumat (17/9).

“Camellia” memuat lima lagu ciptaan Sivia. Dibuka dengan sebuah intro album,  bertajuk “Intro, Camellia”. Intro ini menghadirkan untaian choir dan vokal tajam yang dimiliki Sivia, mengantarkan nuansa musik gereja bagi pendengarnya.

Lagu selanjutnya yaitu “Are You My Valentine”, “Serene”, “Butterfly” serta “Lifeline”. Empat lagu tersebut secara garis besar menghadirkan musik yang tenang, tetap dengan sentuhan jazz yang kuat.

Musik dalam lagu-lagu tersebut terasa melankolis namun tetap menenangkan. Tempo musik yang relatif santai, diwarnai dengan sentuhan bunyi piano, melodi gitar, yang menyatu dengan karakter vokal Sivia yang jernih dan tajam. Keseluruhan musik dalam album ini akan terasa sangat intim dan personal bagi para pendengarnya.

Dari sisi lirik, lagu-lagu dalam album “Camellia” bertutur tentang kebahagiaan. Sejalan dengan penjelasan Sivia sebelumnya, lagu-lagu dalam album kali ini adalah lagu-lagu bahagia tentang cinta, kasmaran, dan kasih sayang yang direfleksikan oleh sang penyanyi.

Tajuk “Camellia” sendiri diambil dari nama bunga, Camellia, yang ditafsirkan sebagai simbol cinta, kasih sayang, dan kekaguman. Menurut Sivia, nama tersebut merepresentasikan perasaan yang ia miliki.

Mini album ini dianggap sebagai karya lanjutan dari album perdananya, yang ditandakan sebagai hasil dari proses pendewasaan Sivia.

“'Camellia' adalah hasil dari proses yang pernah aku lewati. Semua keresahan yang aku punya. Mau itu terhadap hubunganku di masa lalu, atau pun prosesku sama diri Sivia yang dulu,” jelas, penyanyi yang juga pernah bermain di sejumlah film remaja Indonesia ini.

Produksi mini album “Camellia” juga melibatkan Iwanpopo, produser yang juga bekerja untuk album Sivia sebelumnya. Iwanpopo menurut Sivia mampu menerjemahkan harapan musik, serta suasana yang ingin ia bangun seperti pada karya sebelumnya.

Sivia adalah salah satu penyanyi perempuan Indonesia yang telah memiliki karier menyanyi cukup panjang. Sebelum debut sebagai penyanyi solo, ia bernyanyi bersama girl band Blink yang populer di sekitar tahun 2010-an silam.

Penyanyi yang mengaku banyak terpengaruh musik-musik jazz ini sebelumnya terlibat dalam proyek film Mulan. Ia membawakan Ost. berjudul “Reflection”, bersama Nadin Amizah, Agatha Pricilia serta Yura Yunita.

Lagu-lagu dalam mini album “CamellIa” dapat dinikmati mulai hari ini di berbagai layanan streaming musik bersamaan dengan video lirik dan visualizer dari Intro, Butterfly, dan Lifeline di kanal YouTube Sivia.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER