08 Agustus 2024
19:58 WIB
MUFFEST+ 2024 Digelar, Ajak Brand Lokal Tumbuh Bersama Ke Kancah Global
Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ kembali digelar, dengan mengusung tema "Flying to the Global Market". Menyiratkan pesan kepada seluruh brand modest lokal tumbuh bersama ke pasar global.
Penulis: Gemma Fitri Purbaya
Editor: Satrio Wicaksono
Opening show perhelatan MUFFEST+ 2024. Foto: Gemma F Purbaya
JAKARTA - Salah satu perhelatan fesyen modest tahunan terbesar di Indonesia, Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ kembali digelar. Tahun ini, Indonesian Fashion Chamber (IFC) mengusung tema "Flying to the Global Market" yang bertujuan untuk mengajak brand-brand lokal bertumbuh bersama sampai ke dunia internasional.
National Chair IFC, Lenny Agustin memaparkan, tema tersebut sengaja dicanangkan karena Indonesia tengah bersiap menjadi pusat fesyen modest dunia di 2025. Maka dari itu, brand modest lokal harus mempersiapkan diri menyambut hal tersebut.
"Di tahun kesembilan ini, MUFFEST+ diharapkan dapat semakin memperkuat peran dalam memasarkan fesyen modest Indonesia ke pasar global. Kita harus sangat optimis Indonesia bisa menjadi pusat mode dunia karena dari skala penyelenggaraan, belum ada acara seperti MUFFEST+, di dunia yang didedikasikan untuk muslim," kata Lenny saat ditemui dalam MUFFEST+ di Jakarta, Kamis (8/8).
MUFFEST+ 2024 menghadirkan sentuhan baru yang lebih segar. Seperti pemilihan tempat penyelenggaraan di Istora Senayan Jakarta yang pusat kumpulnya gen Z dan milenial, serta memadukan fashion show dengan penampilan dari para musisi muda seperti HIVI! dan Voice of Baceprot. Dengan ini, diharapkan generasi muda mulai tertarik dengan keberadaan brand-brand lokal.
Selain itu, kegiatan ini turut memperkenalkan ragam gaya busana modest, mulai dari streetwear, evening wear, urban wear, kontemporer, hingga syar'i dari sekitar 175 brand fesyen modest yang bergabung. Perhelatan MUFFEST+ 2024 juga diramaikan oleh kegiatan, seperti seminar Fashion Trend Forecasting, talkshow, workshop, dan business matching.
"Di Muffest ini kami ingin makin luas dan besar, tidak hanya di internasional, tetapi juga di Indonesia dengan menyasar pangsa anak muda. Meskipun kita kena gelombang Korean wave, tetapi kita yakin modest kita bisa menjadi leader di dunia, tidak hanya di lokal saja," timpal Leny.
MUFFEST+ 2024 digelar di Istora Senayan Jakarta mulai dari tanggal 8 hingga 11 Agustus 2024 mendatang. Acara ini terbuka untuk umum dengan harga tiket masuk sekitar Rp25 ribu.