Selamat

Sabtu, 19 Juni 2021

GAYA HIDUP

10 Juni 2021|12:19 WIB

Mobil Balap Pertama Michael Schumacher Dijual

Schumacher pertama kali menggunakan mobil itu saat melakoni debutnya di ajang Formula 1 di tahun 1991.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Yanurisa Ananta

ImageJordan 191, mobil Formula Satu yang dirancang Gary Anderson untuk digunakan oleh Jordan Grand Prix pada musim debutnya pada tahun 1991. Wikipedia/dok

JAKARTA – Mobil balap pertama legenda Formula 1 Michael Schumacher dijual. Schumacher pertama kali menggunakan mobil itu saat melakoni debutnya di ajang Formula 1 di tahun 1991. Mobil Jordan 191 itu masuk dalam deretan mobil Formula 1 paling indah sepanjang masa.

Berwarna hijau dengan aksen biru, Jordan 191 sangat popular karena Schumacher mengendarainya saat memulai kariernya di Formula 1. Kala itu, Schumacher tampil untuk menggantikan pembalap Jordan, Bertrand Gachot.  

Pada saat itu, Gachot harus berurusan dengan polisi setelah menyemprotkan spray lada ke seorang sopir taksi di London.

Tampil apik, Schumacher mampu melampaui rekan satu timnya di Jordan, Andrea De Cesaris. Ia mampu mendapatkan P7 saat kualifikasi, sedangkan De Cesaris hanya berkutat di P11. 

Hal ini terbilang sangat bagus untuk pembalap rookie dalam musim perdananya di Formula 1 melawan 30 pembalap lainnya. 

Sayangnya, Schumacher harus pensiun dini dari balapan di lap pertama karena mengalami masalah pada kopling. Meski begitu, penampilannya tetap mengundang perhatian dari tim lainnya. 

Sejak saat itu, Schumacher berhasil mengukuhkan tujuh gelar juara dunia Formula 1 bersama dengan Benetton dan Ferrari di tahun-tahun berikutnya. Hingga saat ini masih belum ada pembalap yang mengalahkan rekor gelar juara dunia Schumacher. 

Akan tetapi pembalap Inggris, Lewis Hamilton, baru-baru ini mampu menyamai rekornya sebagai juara dunia Formula 1 tujuh kali pada Formula 1 2020.

Dikutip dari WTF1, mobil Jordan 191 itu bisa dimiliki dengan harga sekitar £1,25 juta atau setara Rp25 miliar. Harga tersebut lebih murah dibandingkan mobil yang dijual sebelumnya dan pernah dikendarai Schumacher, yaitu Ferrari F2002 chassis 219 yang berhasil terjual US$6,6 juta atau sekitar Rp94 miliar di pelelangan Abu Dhabi setelah musim Formula 1 2002 berakhir.

Selain itu, berbeda dengan mobil Formula 1 yang kebanyakan hanya menjual chassis-nya saja, mobil Jordan 191 ini dijual lengkap dengan mesin V8 Ford. Ada pula perlengkapan lainnya, seperti pre-heater, berkas sejarah termasuk sertifikat keaslian kendaraan, mobil model dengan tanda tangan Schumacher, dan kemudi orisinal dalam bingkai pajangan. 

Dilansir dari Speedmaster Cars, Jordan 191 baru-baru ini diujicobakan dalam ajang Masters Historic Race Weekend di Donington Park pada April 2021 lalu. Hasilnya, masih berfungsi dengan baik.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER