Selamat

Senin, 17 Mei 2021

TEKNO

01 Mei 2021|13:08 WIB

Microsoft Perkenalkan Lima Kandidat Font Pengganti Calibri

Font baru mencakup berbagai gaya

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Yohanes Satrio Wicaksono

ImageIlustrasi keyboard. Pixabay/dok

JAKARTA - Microsoft mengganti font default mereka, Calibri, untuk pertama kalinya dalam 15 tahun. Calibri sendiri sudah menjadi font default Microsoft sejak 2007 lalu, menggantikan font Times New Roman.

Font default memang sering kali menjadi kesan pertama. Sebab font default merupakan identitas visual yang ditujukan pada orang lain, melalui resume, dokumen, ataupun email. Dengan berbagai perubahan dan perkembangan yang terjadi saat ini, Microsoft memutuskan untuk mengganti Calibri.

Dalam laman resmi Microsoft, ada lima font baru yang menjadi pertimbangan sebagai pengganti Calibri. Yaitu Tenorite, Bierstadt, Skeena, Seaford, dan Grandview. Font baru ini mencakup berbagai gaya mulai dari sans-serif, humanis, geometris, gaya swiss, dan industrial. Berikut lima font baru pengganti Calibri.

Tenorite
Tenorite dikembangkan oleh Erin McLaughlin dan Wei Huang. Tenorite merupakan tampilan keseluruhan dari sans serif tradisional, namun dengan gaya yang lebih hangat dan bersahabat.

Elemennya memiliki titik besar, aksen, dan tanda baca yang membuat Tenorite nyaman untuk digunakan dalam layar ukuran kecil. Selain itu, bentuknya yang terlihat tajam dan karakter yang lebar menciptakan perasaan yang terbuka.

Bierstadt
Bierstadt adalah jenis huruf sans serif kontemporer yang terinspirasi dari tipografi Swiss pertengahan abad ke-20. Jenis huruf ini mengekspresikan kesederhanaan dan rasionalitas dalam bentuk yang sangat mudah dibaca.

Bierstadt juga sangat jelas dengan ujung guratannya yang menekankan keteraturan. Font ini diambil dari nama puncak di Colorado, menurut sang pencipta font Steve Matteson.

Skeena
Skeena merupakan jenis huruf sans serif yang humanis, berdasarkan bentuk tipografi teks serif tradisional. Kontras yang mencolok antara tebal dan tipis sangat terlihat dalam font ciptaan John Hudson dan Paul Hanslow ini.

Skeena sangat ideal untuk teks tubuh dalam dokumen yang panjang, serta dalam tulisan yang pendek seperti dalam presentasi, brosur, table, dan laporan.

Seaford
Seaford dirancang oleh tiga orang desainer, Tobias Frere-Jones, Nina Stossinger, dan Fred Shallcrass. Adalah jenis huruf sans serif yang berakar pada desain jenis huruf teks serif gaya lama. 

Namun, Seaford berusaha membangkitkan keakraban yang nyaman. Bentuknya yang organik dan asimetris membantu seseorang untuk membaca dengan menekankan perbedaan antar huruf. Sehingga bentuk kata pun lebih mudah dikenali.

Grandview
Grandview adalah jenis huruf sans serif yang berasal dari rambu jalan dan kereta api Jerman klasik. Dirancang sedemikian rupa sehingga orang dapat membacanya dari kejauhan dan dalam kondisi yang buruk.

Grandview dibuat untuk digunakan dalam teks tubuh dengan mempertahankan kualitas keterbacaan yang tinggi dengan penyesuaian halus untuk pembacaan format panjang. Grandview diciptakan oleh Aaron Bell.

Setelah memperkenalkan kelima font barunya yang akan menggantikan Calibri, Microsoft saat ini masih mengevaluasi font-font itu selama beberapa bulan ke depan. Kelima font ini juga sudah bisa ditemukan dalam program Microsoft 365 sehingga pengguna bisa merasakan langsung mengetik dan membaca menggunakan font ini.

Tidak hanya itu saja, Microsoft pun meminta para penggunanya untuk memilih font mana yang mereka sukai. Nantinya, font yang terpilih akan dijadikan bahan pertimbangan sebagai font default Microsoft. (Gemma F Purbaya)

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA