Selamat

Sabtu, 19 Juni 2021

GAYA HIDUP

10 Juni 2021|14:21 WIB

Menjadikan Kopi Nusantara Sebagai Nation Branding

Ragam kopi asli Indonesia seharusnya bisa lebih mendunia

Penulis: Dwi Herlambang,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageBiji kopi arabika Malino. Antara foto/dok

JAKARTA – Sebenarnya tidaklah terlalu berlebih jika muncul gagasan agar kopi-kopi khas yang ada di Nusantara ini menjadi kekuatan dan identitas bangsa. Mengingat, banyak daerah di Indonesia memiliki varian kopi unggulan. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap, industri kopi dalam negeri, bisa menjadi motor penggerak perekonomian Indonesia. "Dan menjadi nation branding Indonesia yang kuat," katanya. 

Berdasarkan data Organisasi Pangan dan Agrikultur Dunia (FAO), pada 2017-2018, Indonesia menempati posisi keempat sebagai negara penghasil biji kopi terbesar di dunia. Setelah Brazil, Vietnam, dan Columbia. Dengan memproduksi lebih dari 10 juta karung kopi.

Jenis kopi yang dihasilkan Indonesia pun beragam, seperti Kopi Arabika Toraja, Kopi Gayo, Kopi Sidikalang, Kopi Kintamani, dan lainnya. Hal ini menunjukkan, betapa besar potensi industri kopi Indonesia yang bisa dikembangkan, agar lebih mendunia.

Di Indonesia sendiri, Sandi meyakini, banyak pecinta kopi yang bisa menjadi peluang pasar prospektif bagi pebisnis kopi. Oleh karena itu, ia berpesan kepada pelaku usaha kopi agar tetap semangat di tengah situasi pandemi covid-19 serta mencari passion atau menemukan kreativitas baru.

Dikatakan, ada berbagai program pelatihan dan bantuan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan peluang usaha dan lapangan kerja. Diantaranya, program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) untuk permodalan, Apresiasi Kreasi Indonesia, Food Startup, program BEDAKAN (Bedah Desain untuk Kemasan) dan Begerak (Bedah Gerai Kuliner). Serta bantuan pemasaran ke luar negeri atau melalui penyelenggaraan event, seperti Kopi Craft Indonesia 2021.

Acara Kopi Craft Indonesia 2021 merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Summarecon Mall Serpong. Acara tersebut berlangsung selama 10 hari, mulai 3 hingga 13 Juni 2021.

Tujuan dari event ini untuk meningkatkan pendapatan para pelaku subsektor kuliner, khususnya penjual kopi. Menambah awareness masyarakat tentang keanekaragaman kopi Indonesia, sekaligus menyosialisasikan story telling tentang kreasi produk kopi dari bean to cup.

Adapun beberapa kegiatan menarik yang ada di Kopi Craft Indonesia 2021 ini adalah pameran dan bazar, workshop dan edukasi tentang kopi, Manual Brewing Latte Art Competition, dan movie screening.

“Melalui upaya ini diharapkan kopi benar-benar bisa menjadi nation branding yang kuat bagi Indonesia,” pungkasnya.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA