Selamat

Sabtu, 23 Oktober 2021

11 Oktober 2021|18:42 WIB

Menikmati Lanskap Kota Batu Di Vintage-nya Kopi Sontoloyo

Jangan lupa untuk mencoba mengunjungi Kopi Sontoloyo di malam hari, karena lansekap Kota Batu terasa lebih hidup di malam hari.

Penulis: Chatelia Noer Cholby,

Editor: Rendi Widodo

ImageRumah joglo Kopi Sontoloyo. Instagram/@kopi_sontoloyo

JAKARTA – Sebagai salah satu daerah dengan sejuk alamnya sebagai andalan, Kota Batu di Jawa Timur tentu dikelilingi banyak kafe dan kedai kopi bernuansa asri yang asyik untuk nongkrong berlama-lama. Salah satu yang cukup dikenal adalah Kopi Sontoloyo. 

Jika diperhatikan, sekilas kedai kopi ini memang terasa mirip dengan Kopi Klotok yang ada di Yogyakarta. Namun ternyata, Kopi Sontoloyo memiliki keunikannya sendiri yang tak bisa ditemukan di kedai kopi manapun.

Nah, kira-kira apa saja yang ditawarkan dari salah satu kedai kopi populer yang tak pernah sepi sejak pertama dibuka pada tahun 2018 ini? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!     

Menuju lokasi
Untuk bisa sampai di lokasi Kopi Sontoloyo, kalian wajib menggunakan Google Maps. Sebab, lokasinya berada di antara rumah warga sehingga bisa dibilang cukup tersembunyi untuk siapa saja yang pertama kali ke sini. Penanda letak lokasi kedai yang juga sangat minim pun melengkapi nuansa hunting kalian.

Meski begitu, jika memang sudah dekat dengan lokasi, kalian akan bisa dengan mudah menemukan Kopi Sontoloyo ini. Pasalnya, di depan area kedai ini ada beberapa tukang parkir yang bisa menjadi indikasi kalian sudah dekat dengan si kedai kopi.

Setelah melihat para tukang parkir kedai tersebut, kalian akan diminta untuk naik ke arah tanjakan dahulu. Bila sudah berada di area atas, kalian akan melihat sebuah gapura bertuliskan "Kopi Sontoloyo". Selamat, kalian sukses menemukan lokasi Kopi Sontoloyo.            

Ambience
Masuk ke area kedai kopi yang luas, 100% kalian akan langsung terpesona dengan lanskap pegunungan Kota Batu yang menjadi latar. Karena lokasinya yang cukup tinggi di atas pusat Kota Batu, maka pemandangan kota batu dan benteng pegunungannya pun terlihat jelas.

Jika kunjungan pertama kalian lakukan pada siang hari, pada kunjungan kedua sangat direkomendasikan untuk datang pada malam hari. Kota Batu terlihat lebih hidup dengan lampu kotanya dan samar-samar cahaya bintang pun sesekali bisa terlihat saat cuaca cerah tanpa terang bulan.

Otomatis suasana romantis di malam hari akan terasa lebih kuat untuk kalian yang memang datang ke kedai ini untuk kencan. Sejuknya Kota Batu pun membalas hangatnya segelas kopi di atas meja.

Konsep kedai   
Seperti yang telah dikatakan di awal, bahwa Kopi Sontoloyo ini sekilas mirip dengan Kopi Klotok. Satu-satunya adalah karena kedai kopi ini memiliki konsep arsitektur bangunan Joglo.             

Namun, selain bangunannya, Kopi Sontoloyo ini juga menampilkan berbagai furnitur klasik senada yang berasal dari kayu-kayu jati. Furnitur-furnitur ini pun melengkapi suasana vintage yang kental di Kopi Sontoloyo.       

Hidangan di Kopi Sontoloyo      
Bukan hanya nuansa kedai yang menarik, namun sederetan hidangan di sini juga cukup menggungah selera. Sesuai dengan tampilannya yang vintage ini, Kopi Sontoloyo pun menyajikan makanan-makanan tradisional.

Salah satu makanan yang wajib dicoba saat ngumpul bareng teman atau keluarga di sini adalah tempe mendoan. Sebab, tempe mendoan di sini sangat tipis dan rasanya luar biasa gurih. Sebagai salah satu menu andalan mendoan ini terasa cukup lezat dengan cabe rawit dan dinikmati selagi hangat. 

Ada juga kopi Dampit buatan Kopi Sontoloyo. Rasanya yang pahit sangat cocok untuk para penikmat kopi serius. Namun, jika kalian lebih suka kopi kekinian tentu beberapa pilihan kopi susunya bisa menjadi pemanja lidah kalian.    

Selain menu di atas, Kopi Sontoloyo juga menyajikan berbagai hidangan lainnya yang dapat memanjakan lidah seperti nasi goreng Jawa, bakmi Jawa, kikil pedas, dadar telur, soto seger, lodeh pedes, hingga mie Instan. 

Kekuatan terbesar dari menu-menu Kopi Sontoloyo adalah harga-harga menunya yang sangat terjangakau. Mengingat fitur yang ditawarkan seperti nuansa dan pemandangan yang disajikan, dengan harga menu mulai dari Rp5 ribu hingga Rp30 ribuan tentu worth it bukan?    

Jika kalian tertarik untuk mengunjungi Kopi Sontoloyo sembari menikmati pemandangan Kota Batu? Yuk, langsung saja cek lokasinya di Jalan Rekesan, Kelurahan Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu-Jawa Timur.

 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER