c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

KULTURA

27 September 2025

11:34 WIB

Mengenal Tiga Maskot Piala Dunia 2026

FIFA mengumumkan tiga maskot dari Piala Dunia 2026, Maple, Zayu, dan Clutch. Ketiganya merepresentasikan tiga negara tuan rumah. 

Penulis: Arief Tirtana

Editor: Satrio Wicaksono

<p>Mengenal Tiga Maskot Piala Dunia 2026</p>
<p>Mengenal Tiga Maskot Piala Dunia 2026</p>

Tiga maskot Piala Dunia 2026. Foto: FIFA. 

JAKARTA - Sembilan bulan jelang gelaran Piala Dunia 2026 di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat, FIFA mengumumkan tiga maskot resmi, Jumat (26/9). Ketiga maskot tersebut sebagai representasi dari masing-masing tuan rumah, yakni Maple (Kanada), Zayu (Meksiko), dan Clutch (Amerika Serikat).

Dalam keterangannya, FIFA mengatakan bahwa ketiga maskot tersebut mencerminkan budaya, warisan, dan semangat dari masing-masing negara. 

"(Jumlah) Tim 26 (peserta) kini semakin banyak, dan semakin seru! Maple, Zayu, dan Clutch penuh dengan kegembiraan, energi, dan semangat kebersamaan, layaknya Piala Dunia FIFA itu sendiri," ujar Presiden FIFA, Gianni Infantino dalam keterangannya.

Sebagai representasi dari Kanada, karakter Maple digambarkan sebagai si Rusa Besar yang terlahir untuk menjelajahi seluruh provinsi dan teritori Kanada. Karakter Maple merupakan penjaga gawang, seniman pencinta gaya jalanan, sekaligus penggemar musik. Latar belakang tersebut menjadikan Maple sebagai sosok yang bisa menemukan tujuan hidupnya melalui kreativitas, ketahanan, dan individualitas yang tak kenal kompromi.

Sementara Zayu adalah si Jaguar datang dari hutan-hutan Meksiko selatan. Zayu melambangkan warisan dan semangat, dengan nama yang terinspirasi oleh persatuan, kekuatan, dan kegembiraan.

Karakter Zayu digambarkan sebagai seorang penyerang yang memiliki kecerdikan dan kelincahan luar biasa, sehingga mampu mengintimidasi para pemain bertahan. Di luar lapangan, Zayu mampu merangkul budaya Meksiko melalui tarian, makanan, dan tradisi. Menyatukan orang-orang lintas batas dengan penuh semangat.

"Lebih dari sekadar atlet, Zayu adalah simbol perayaan dan koneksi budaya, membawa semangat Meksiko dengan bangga," jelas FIFA.

Terakhir Clutch, sang Elang Botak. Karakternya digambarkan memiliki hasrat yang tak pernah puas akan petualangan, sehingga selalu gemar terbang tinggi melintasi Amerika Serikat guna merangkul setiap budaya, olahraga, dan momen, dengan rasa ingin tahu dan optimisme yang tak terbatas.

Clutch digambarkan sebagai gelandang yang selalu membangkitkan semangat, memimpin, menggalang rekan satu tim, dan mengubah setiap tantangan menjadi peluang untuk bangkit lebih tinggi.

Di luar lapangan, Clutch sosok penggembira sosial dan fanatik olahraga. Dengan jersey berwarna biru, Clutch selalu bisa menyatukan orang ke mana pun mereka pergi, membuktikan bahwa terbang sejati adalah tentang tujuan, gairah, dan permainan.

Gim FIFA Heroes

Ketiga maskot resmi Piala Dunia 2026 itu nantinya juga akan dihadirkan FIFA dalam sebuah gim baru berlisensi resmi, FIFA Heroes. Gim yang akan diluncurkan tahun depan ini merupakan bagian dari portofolio FIFA di bawah naungan FIFAe. Tujuannya, membuat sepak bola digital dapat diakses oleh lebih banyak penggemar di lebih banyak platform.

Dikembangkan dan diterbitkan oleh ENVER bekerja sama dengan Solace, FIFA Heroes merupakan gim sepak bola lima lawan lima bergaya arcade, yang serba cepat dengan sentuhan fantasi.

Bukan hanya Maple, Zayu, dan Clutch, dalam gim ini nantinya pemain dapat membangun skuad yang diisi oleh beberapa maskot Piala Dunia dari edisi sebelumnya, ikon sepak bola terbesar, dan karakter fiksi favorit mereka dari acara TV dan film populer. FIFA Heroes akan diluncurkan pada tahun 2026 di Android, iOS, Nintendo Switch, PlayStation, dan Xbox.

Selain di FIFA Heroes, upaya untuk terhubung dengan penggemar berusia muda, Maple, Zayu, dan Clutch juga akan dihadirkan FIFA di Roblox, dalam permainan bertajuk "FIFA Super League Soccer".

FIFA Super League Soccer dalam Roblox ini dikembangkan bekerja sama dengan Gamefam, hadir dengan misi yang menyoroti peran setiap maskot di lapangan, dan dengan hadiah bertema yang akan disediakan bagi pemenang nantinya.

"Maple, Zayu, dan Clutch akan hadir di mana-mana – menyambut dunia, menginspirasi penggemar muda, dan menyemangati para pemain selama turnamen, yang akan berlangsung dari 11 Juni hingga 19 Juli dan menampilkan 48 tim untuk pertama kalinya," jelas FIFA.

Selain di gim, ketiga maskot tersebut tentunya juga akan dihadirkan FIFA di berbagai merchandise resmi Piala Dunia 2026. Mulai dari kaus, topi dan lainnya yang akan dijual resmi di FIFAStore.com .


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar