c

Selamat

Senin, 17 November 2025

KULTURA

04 Juli 2024

19:47 WIB

Mengenal Fitur Dasbor Terbaru Dari Truk Mercedes Benz Axor

Truk asal Jerman, Mercedes-Benz Axor 2528 CH 6x4 dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan terbaru dalam sistem dasbor. 

Penulis: Annisa Nur Jannah

Editor: Satrio Wicaksono

<p id="isPasted">Mengenal Fitur Dasbor Terbaru Dari Truk Mercedes Benz Axor</p>
<p id="isPasted">Mengenal Fitur Dasbor Terbaru Dari Truk Mercedes Benz Axor</p>

Fitur Dasbor Terbaru Dari Truk Mercedes Benz Axor. Ist

JAKARTA - Kendaraan niaga biasanya diperuntukkan untuk keperluan komersial dan bisnis. Salah satunya Truk Mercedes Benz Axor yang digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah besar, baik dalam maupun luar kota. 

Namun, saat mengendarai truk besar diperlukan surat ijin mengemudi (SIM) B2. Hal ini diperlukan agar pengemudi memahami risiko keselamatan bagi seluruh pengguna jalan. 

Selain itu, syarat lainnya yakni mengetahui setiap detail fitur pada truk, guna memastikan penggunaan yang efisien dan aman dalam berbagai kondisi operasional.

Kali ini, Validnews akan membahas fitur terbaru pada truk asal Jerman, Mercedes-Benz Axor 2528 CH 6x4. Truk ini dilengkapi dengan berbagai fitur khas seperti Override Switch, Interaxle dan Interwheel Differential Lock, alarm peringatan kondisi kendaraan, serta Speed Limiter atau Cruise Control yang tersedia di berbagai titik.

Memahami Penggunaan Fitur di Dasbor

Semua fitur ini mampu menunjang pengemudi dalam menjamin keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Pada bagian dasbor tengah kabin, terdapat berbagai tombol yang mencakup Power-Window untuk jendela penumpang, pengaturan HVAC (Heating Ventilation Air Conditioning Controls) yang mencakup pengaturan kecepatan blower, distribusi udara, dan fungsi anti-embun. 

Tombol juga mengatur arah ventilasi udara ke berbagai titik dalam kabin. Terdapat juga kontrol untuk pengaturan tingkat pendinginan dan pemanasan udara, serta aktivasi kompresor AC. Semua fitur pengaturan AC ini juga tersedia pada model Axor 4928 (T) dan Axor 4028 (T).

Selain tombol-tombol pengaturan AC, truk ini dilengkapi dengan tombol Hazard untuk memberikan sinyal bahaya kepada pengguna jalan lain. Di sebelah kanan, terdapat Override Switch yang memisahkan penggunaan rem kaki dengan engine brake, memungkinkan keduanya aktif secara terpisah meskipun hanya pedal rem yang diinjak.

Override Switch ini sebaiknya ditekan ketika menghadapi jalanan menanjak atau saat posisi berhenti di jalan menanjak. Kemudian, Engine Brake pada ini juga dilengkapi dengan exhaust brake untuk pengereman maksimal. 

Fitur ini memberikan pengemudi pilihan pengereman yang lebih baik dan hemat bahan bakar karena tidak memerlukan penyemprotan bahan bakar saat aktif. 

Selain itu, saat Engine Brake aktif, truk menghemat kampas rem, memaksimalkan sistem pendinginan dan pelumasan mesin, serta meningkatkan sumber daya listrik, aktif ketika RPM mesin di atas 900 tanpa pedal gas atau kopling diinjak.

Di dasbor sisi kiri pengemudi truk ini terdapat beberapa tombol pendukung yang mudah dijangkau, antara lain PTO (Power Take Off) Switch yang digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan sistem hidrolik karoseri pada truk konstruksi Axor. Saat tombol ini ditekan, momen puntir dari transmisi akan dialirkan ke pompa hidrolik untuk menggerakkan sistem karoseri. 

Pengemudi dapat mengatur kecepatan sirkulasi hidrolik dengan menginjak pedal gas hingga mencapai rpm maksimum yang diatur pada control unit. Kemudian, terdapat Tombol Power window yang disediakan untuk mengoperasikan jendela di sisi pengemudi. 

Sementara itu, tombol Differential Lock pada ini berfungsi untuk menghubungkan gardan agar berputar searah dengan kecepatan yang sama. Saat menghadapi kondisi jalan licin, mengaktifkan fitur Interaxle (Double ringan) Differential Lock dengan menekan tombol ini mencegah truk agar tidak tergelincir saat melakukan manuver, sehingga meningkatkan keamanan operasionalnya.

Dengan menekan sekali lagi, Interaxle dan Interwheel Differential Lock akan aktif secara bersama. Untuk Interwheel Differential Lockpada truk ini berguna untuk menghadapi medan ekstrim dan bergelombang. 

Fitur ini membantu saat roda-roda kehilangan traksi karena masuk ke dalam lubang atau lumpur dengan memberikan torsi tambahan secara otomatis pada roda yang memerlukan daya lebih. Ketika kedua fitur aktif bersamaan, alarm akan berbunyi untuk mengingatkan agar tidak berbelok saat roda memiliki torsi berbeda yang dapat menyebabkan kerusakan pada gardan truk.

Dua tombol pengaturan tampilan dasbor di bagian atas sisi kiri pengemudi memungkinkan akses ke Instrument Panel truk. Icon di layar menyediakan navigasi ke berbagai halaman menu, informasi terkait halaman yang dipilih, pengaturan menu, dan kembali ke menu utama.

Di sebelah kanan setir pengemudi, truk dilengkapi dengan tombol-tombol untuk perjalanan panjang seperti tombol untuk pengaturan lampu kabut, lampu kota, dan lampu besar, termasuk pengaturan ketinggian bola lampu. Lampu alis LED atau Day-time Running Light menyala otomatis saat mesin hidup dan mati saat lampu utama dinyalakan.

Tombol untuk pengaturan Speed Limiter, Cruise Control, dan idleRPM. Speed Limiter diatur dengan menekan tombol (LIM), sementara Cruise Control diaktifkan dengan menekan tombol (LIM) dua kali saat kendaraan mencapai kecepatan di atas 15 km/jam tanpa pedal gas atau kopling diinjak. Tombol (+) dan (-) digunakan untuk menyesuaikan batas kecepatan dan RPM mesin.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar