c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

KULTURA

19 Agustus 2024

18:24 WIB

Memetakan Minat Wisatawan Di Traveloka EPIC Sale 2024

Mulai dari pemilihan destinasi, perilaku pemesanan, hingga tren akomodasi, lewat kampanye EPIC Sale 2024 Traveloka berhasil memetakan preferensi traveler di kawasan Asia Tenggara.

Penulis: Siti Nur Arifa

Editor: Rendi Widodo

<p>Memetakan Minat Wisatawan Di Traveloka EPIC Sale 2024</p>
<p>Memetakan Minat Wisatawan Di Traveloka EPIC Sale 2024</p>

Ilustrasi travelling ke negara Asia. Shutterstock/CandyRetriever

JAKARTA - Platform perjalanan Traveloka berhasil memecahkan rekor dengan menarik animo luar biasa dari sebanyak 35 juta lebih pelanggan yang merupakan wisatawan dalam melakukan perjalanan mereka lewat kampanye EPIC Sale 2024.

Program EPIC Sale telah sukses mendorong peningkatan penjualan hingga dua kali lipat, terutama di pasar-pasar utama Traveloka yakni Indonesia dan Malaysia, yang berkolaborasi dengan lebih dari 10.000 mitra terkemuka dunia yang menyediakan berbagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan setiap wisatawan.

Lewat berbagai penawaran diskon yang dimiliki, pengguna layanan Traveloka dilaporkan telah menikmati penghematan hingga 15%, dengan diskon yang mencapai lebih dari Rp11 juta per transaksi.

Ungkap Preferensi Wisatawan
Di samping meningkatkan penjualan lewat kampanye promo, Traveloka juga memetakan preferensi perilaku para wisatawan dalam merencanakan perjalanannya, sekaligus mengetahui tren apa yang sedang dinikmati.

Misalnya dari segi destinasi, lewat program EPIC Sale 2024 terungkap bahwa Jepang, Korea Selatan, dan Hongkong menjadi destinasi populer yang banyak dituju jutaan wisatawan asal Asia Tenggara.

Jepang diketahui memikat para traveler dengan perpaduan antara modernitas di Tokyo dan tradisi yang kental di Kyoto. Sedangkan Korea Selatan menarik pengunjung dengan kota-kotanya yang penuh warna dan kaya akan warisan budaya. Sementara itu Hong Kong, menonjol dengan lanskap kotanya yang dinamis dan beragam atraksi.

Selain tiga negara di atas, negara-negara di Asia Tenggara seperti Thailand juga tetap menjadi favorit karena pantainya yang indah dan kaya akan pengalaman budaya, sementara Singapura dan Vietnam menjadi pilihan dengan perpaduan unik antara kecanggihan kota dan keindahan alam yang menakjubkan.

Masih lewat kampanye yang sama, Traveloka juga mengungkap perilaku traveler di mana terdapat dua perilaku pemesanan yang dominan yakni lonjakan pemesanan perjalanan di menit-menit terakhir (last-minute bookings) dan preferensi yang tinggi untuk perencanaan perjalanan dari jauh hari.

Dilaporkan jika sebanyak 82% traveler memesan perjalanan mereka 3-4 hari sebelumnya, sehingga menunjukkan peningkatan permintaan untuk perjalanan spontan dan jangka pendek.

Sementara itu dari segi tren akomodasi terdapat perbedaan preferensi bergantung kebutuhan, seperti pelanggan yang pergi untuk berlibur cenderung memilih kamar yang luas untuk bersantai, business travelers lebih memilih akomodasi fungsional, dan wisatawan yang berlibur dengan keluarga memilih kamar dengan ukuran lebih besar serta fasilitas ramah anak.

Selain itu, EPIC Sale 2024 juga mengungkap peningkatan pemesanan yang melonjak hingga 70% pada taman hiburan dan taman wisata air (water park), menunjukkan adanya minat wisatawan terhadap atraksi yang menghadirkan hiburan bagi keluarga.

Destinasi yang menawarkan perpaduan antara petualangan dan relaksasi ini, menjadi pilihan utama untuk segala usia. Adapun atraksi populer yang dimaksud di antaranya LEGOLAND Malaysia, Hong Kong Disneyland, dan Resorts World Sentosa yang tercatat mengalami lonjakan pemesanan hingga empat kali lipat sehingga menandakan permintaan yang terus meningkat untuk hiburan yang ramah keluarga.

Lewat EPIC Sale 2024, Caesar Indra selaku President of Traveloka mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki tujuan membuat setiap perjalanan menjadi tidak terlupakan dan mudah diakses, dengan menyediakan berbagai pilihan produk perjalanan yang lengkap dengan harga terbaik bagi pelanggan.

“Dengan kesuksesan EPIC Sale 2024, Traveloka berkomitmen lebih dari sebelumnya untuk memperluas penawaran kami dan memenuhi kebutuhan traveler yang terus berkembang,” ujarnya, dalam keterangan resmi.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar