c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

KULTURA

11 November 2024

17:41 WIB

Mazda Luncurkan Mobil Listrik Pertamanya MX-30, Berbanderol Rp860 Juta

MX-30 menggunakan baterai berkapasitas 35,5 kWh dengan jangkauan hingga 200 km (WLTP). Teknologi e-GVC Plus, menjamin kestabilan berkendara, menyesuaikan torsi secara otomatis saat berbelok

<p>Mazda Luncurkan Mobil Listrik Pertamanya MX-30, Berbanderol Rp860 Juta</p>
<p>Mazda Luncurkan Mobil Listrik Pertamanya MX-30, Berbanderol Rp860 Juta</p>

Mobil listrik pertama Mazda, Mazda MX-30 pada peluncurannya di Mazda Indonesia Headquarters, Jakarta, Senin (11/11/2024).  ANTARA/Pamela Sakina

JAKARTA - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan distributor Mazda, resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya, Mazda MX-30 di Indonesia.

“Mazda MX-30 adalah sebuah karya istimewa, mobil listrik pertama dari Mazda, manifestasi dari idealisme kami. Mazda juga mempersembahkan inovasi dengan material berkelanjutan yang digunakan pada MX-30,” ujar Chief Operating Officer PT EMI Ricky Thio pada peluncuran Mazda MX-30 di Mazda Indonesia Headquarters, Jakarta, Senin (11/1).

Meski mengusung powertrain listrik, Ricky memastikan SUV listrik tersebut akan tetap menyenangkan untuk dikendarai, sebagaimana lini kendaraan Mazda lainnya yang mengutamakan pengalaman kemudi.

“Kami memastikan, meskipun bertenaga listrik, setiap momen tetap setia pada prinsip Jinba-Ittai. Revolusi kendaraan listrik ini, seharusnya tidak mengorbankan kesenangan dan esensi berkendara,” imbuhnya.

Dari segi desain, Mazda mempertahankan filosofi "Jinba-Ittai" yang menyatukan pengemudi dengan kendaraan, dan merancang MX-30 dengan gaya minimalis dari "KODO Design" khas Mazda.

Mazda MX-30 diklaim memiliki bodi kendaraan yang ringan namun kokoh dengan struktur pelindung untuk komponen bertegangan tinggi. Dilengkapi dengan kantung udara (airbag) ganda di bagian depan, samping, tirai, dan lutut pengemudi untuk perlindungan menyeluruh.

Eksterior Mazda MX- 30 memilih aksen sederhana yang tak lekang oleh waktu. Pada bagian depan dan belakang, SUV ini memiliki tampilan minimalis dengan desain lampu yang seolah terpahat (sculpted), menambah vitalitas pada eksteriornya yang kokoh.

Bahan Ramah Lingkungan
Untuk menunjang kenyamanan, mobil ini dilengkapi fitur Freestyle Doors yang memungkinkan penumpang untuk memiliki akses yang lapang untuk keluar-masuk kendaraan. Selain itu, Mazda MX-30 tampil dengan pilihan perpaduan dua warna yang semakin menonjolkan keelokan bentuk kabin ala coupe. Sementara interiornya menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Salah satu elemen interior mobil ini menggunakan material cork atau gabus yang telah didesain untuk menunjang keindahan dan telah dipastikan daya tahannya untuk penggunaan di dalam mobil.

Breathing Fabric, kain yang terbuat dari daur ulang botol plastik telah didesain khusus untuk dipasang di bagian atas trim pintu Mazda MX-30. Selain itu, Mazda MX-30 juga menggunakan 20% benang daur ulang pada bagian kursi mobil, ini merupakan rasio yang terbilang tinggi untuk penggunaan di pasar otomotif saat ini.

Mazda MX-30 menggunakan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan torsion beam di bagian belakang. Konfigurasi suspensi ini memungkinkan pengalaman berkendara yang nyaman dan terkendali.

Paddle pada setir Mazda MX-30 diklaim mampu memberikan rasa responsif, ringan pada kondisi dengan resistensi rendah dan lebih berat pada resistensi tinggi, sehingga pengemudi dapat beradaptasi pada beragam situasi berkendara.

Fitur Keselamatan
Mazda MX-30 juga dilengkapi fitur keselamatan i-Activsense yang dirancang untuk mencegah kecelakaan dan mitigasi kerusakan. Fitur tersebut yakni; Smart Brake Support (SBS), Adaptive LED Headlights (ALH), High Beam Control (HBC), 360° View Monitor, Front Cross Traffic Alert (FCTA), Blind Sport Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane-keep Assist System (LAS), Traffic Jam Assit, Driver Attention Alert (DAA), Driver Monitoring, Mazda Radar Cruise Control (MRCC), dan masih banyak lagi.

Dari segi dapur pacu, MX-30 menggunakan baterai berkapasitas 35,5 kWh dengan jangkauan hingga 200 km (WLTP). Teknologi e-GVC Plus pada mobil ini menjamin kestabilan berkendara dengan menyesuaikan torsi secara otomatis saat berbelok, dan sistem SKYACTIV Vehicle Architecture meningkatkan responsivitas mobil di jalan.

Mazda MX-30 juga dilengkapi fitur keselamatan i-Activsense, seperti Smart Brake Support (SBS) dan Blind Spot Monitoring (BSM). “Untuk MX-30 saya rasa bukan hanya tentang EV tapi all rounder. Yang pasti mobil ini waktu awal diciptakan untuk konsumen yang memang lebih bisa diprediksi kesehariannya, kegiataannya,” kata Rikcy.

Mazda Indonesia memberikan layanan purnajual, seperti garansi lima tahun, layanan servis lima tahun atau hingga 100.000 km, dan garansi baterai delapan tahun atau hingga 160.000 km. Mazda MX-30 sendiri dijual dengan harga Rp860 juta (on the road/OTR Jakarta). Harga tersebut termasuk perangkat wall-charger dan portable-charger (tidak termasuk biaya pasang).

Tersedia dalam delapan pilihan warna. Tiga di antaranya merupakan warna premium, di mana konsumen perlu menambah biaya Rp4 juta untuk pilihan warna premium tersebut.

 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar