c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

KULTURA

26 Mei 2025

20:14 WIB

Masuk Sponsor Baru, Piala AFF Resmi Ganti Nama

Piala AFF (ASEAN Football Federation) resmi berganti nama menjadi ASEAN Hyundai Cup™. Pergantian ini setelah AFF menjalin kemitraan dengan brand otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor.

Penulis: Arief Tirtana

Editor: Satrio Wicaksono

<p>Masuk Sponsor Baru, Piala AFF Resmi Ganti Nama</p>
<p>Masuk Sponsor Baru, Piala AFF Resmi Ganti Nama</p>

Piala AFF (ASEAN Football Federation) resmi berganti nama menjadi ASEAN Hyundai Cup™. Sumber foto: Hyundai. 

JAKARTA - Kejuaraan sepak bola antarnegara di Asia Tenggara yang selama ini dikenal sebagai Piala AFF (ASEAN Football Federation), resmi berganti nama menjadi ASEAN Hyundai Cup™. Sesuai nama tersebut, pergantian ini terjadi setelah AFF resmi menjalin kemitraan dengan brand otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor.

Buat Hyundai, kemitraan ini merupakan kelanjutan dari upaya mereka memberikan dukungan sponsor untuk sepak bola di berbagai level dan negara. Upaya ini telah menjadi elemen utama dalam strategi pemasaran brand dan olahraga Hyundai sejak tahun 1999, diawali melalui kemitraannya dengan FIFA, yang kemudian berkembang menjadi sponsor resmi CONMEBOL Libertadores di Amerika Latin.

ASEAN Hyundai Cup™ ini menjadi kemitraan pertama yang dilakukan Hyundai dengan sepak bola ASEAN. Sejalan dengan strategi mereka untuk memperluas pertumbuhan di Asia Tenggara, memperkuat kehadirannya di pasar utama kawasan serta memperkuat hubungan dengan komunitas sepak bola ASEAN.

Dalam keterangannya, Hyundai juga mengaku melihat potensi Piala AFF ini yang begitu menarik animo besar masyarakat sepak bola di ASEAN. Pada tahun 2024 misalnya, ajang ini memecahkan rekor dengan jumlah penonton mencapai 541,5 juta dan total penayangan mencapai 12,66 miliar di berbagai saluran media sosial.  

"Bagi Hyundai, sepak bola bukan hanya olahraga, melainkan sebuah wadah yang menyatukan dan memberdayakan komunitas. Dengan pengalaman kemitraan global selama lebih dari 26 tahun, kami melihat kawasan ASEAN memiliki semangat sepak bola yang terus berkembang pesat," kata Presiden Hyundai Motor Asia Pacific, Sunny Kim.

Sunny Kim juga mengatakan, Dukungan sponsor ini selaras dengan visi mereka, yaitu ‘Progress for Humanity’ dengan mendukung pendidikan, inklusi, dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Selain itu, sebagai perwakilan regional yang mendukung pertumbuhan Hyundai di Asia Tenggara, Hyundai Motor Asia Pacific juga memperkenalkan program ‘Move the Game’ melalui sponsorship ini. Mencerminkan komitmen kami untuk memberdayakan para penggerak perubahan sehari-hari dan membentuk masa depan mobilitas.

Federasi Sepak Bola ASEAN melalui Presiden AFF Khiev Sameth, mengaku merasa terhormat menyambut Hyundai sebagai Mitra Utama ASEAN Hyundai Cup™. Sebab menurutnya, sebagai perusahaan, Hyundai memiliki reputasi keunggulan serta komitmennya terhadap komunitas sepak bola dunia.

Hal ini selaras dengan misi AFF untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan sepak bola di Asia Tenggara. ASEAN Hyundai Cup™ menjadi simbol harapan tertinggi para pemain, penggemar, dan negara-negara di kawasan ini.

"Bersama Hyundai, kami siap membuka babak baru yang penuh semangat, menginspirasi generasi mendatang, memperkuat kebersamaan masyarakat, dan dengan bangga menunjukkan semangat tak terbatas ASEAN kepada dunia," katanya.

President and Chairman of the Board, APAC SPORTFIVE, yang merupakan perusahaan pemegang hak komersial eksklusif AFF, Seamus O’Brien juga mengatakan bahwa kemitraan dengan Hyundai tak hanya menandai era penting bagi sepak bola ASEAN, tetapi juga sangat berarti dalam evolusi Kejuaraan ASEAN. Sebab menurutnya, kemitraan ini terjadi pada waktu yang tepat,  di mana perhatian dunia semakin tertuju pada perkembangan ASEAN sebagai kekuatan ekonomi.

"Kebangkitan tim nasional ASEAN sejalan dengan meningkatnya peran kawasan ini sebagai salah satu pasar otomotif dan pusat manufaktur paling dinamis di dunia," kata Seamus.

Apa lagi bukan hanya sekedar menjadi sponsor utama dari Piala AFF yang akan menjadi  ASEAN Hyundai Cup™ digelaran berikutnya pada tahun 2026 mendatang, berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani dengan SPORTFIVE, Hyundai juga akan menjadi Presenting Partner untuk tiga kejuaraan sepak bola besar ASEAN lainnya, yaitu ASEAN Club Championship Shopee Cup™, ASEAN Women’s MSIG Cup™, dan ASEAN U-23 Championship™. Bersama dengan Hyundai Cup™, seluruh kegiatan tersebut dikenal secara kolektif sebagai  ASEAN United FC. 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar