Selamat

Kamis, 20 Januari 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

26 November 2021

12:45 WIB

Lima Penyebab Mata Minus Bertambah Parah

Mata minus atau miopia tidak dapat dicegah, tetapi dapat diperlambat perkembangannya dengan menjaga kesehatan mata. Lalu apa sih yang menyebabkan gangguan penglihatan berjarak jauh ini?

Editor: Satrio Wicaksono

Lima Penyebab Mata Minus Bertambah Parah
Ilustrasi seorang nenek sedang memeriksa kesehatan mata. Freepik/dok

JAKARTA - Tidak sedikit orang yang memiliki keluhan mata minus. Mungkin Anda salah satunya? 

Jika ya, sebaiknya lebih berhati-hati dalam beraktivitas karena beberapa kebiasaan sehari-hari ternyata dapat membuat kondisi minus pada mata semakin bertambah parah.

Perlu diketahui, mata minus atau miopia merupakan gangguan penglihatan yang menyebabkan mata sulit untuk melihat benda berjarak jauh. Penyebabnya, pada mata minus lensa mata dan kornea tidak mampu memfokuskan biasan cahaya untuk jatuh tepat di retina, melainkan di depannya.

Penyebab Mata Minus

Penyebab mata minus masih belum diketahui secara pasti. Namun, terdapat beberapa kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan risiko mata minus semakin bertambah. 

Berikut kebiasaan-kebiasan tersebut, seperti dilansir Klikdokter.  

Membaca di Tempat Redup

Membaca di tempat dengan cahaya redup membuat otot-otot mata bekerja keras untuk menangkap objek. Jika hal itu terjadi secara terus-menerus, mata minus atau pertambahan minus tak bisa lagi dihindari.

Membaca Terlalu Dekat

Membaca terlalu dekat membuat otot-otot kecil di mata bekerja keras untuk mendapatkan fokus. Jika kondisi tersebut terjadi secara berulang dan berkelanjutan, lama-kelamaan otot mata akan kelelahan hingga mengalami kerusakan. Akibatnya, apalagi kalau bukan minus yang bertambah.

Melihat Layar Monitor/Gawai Terlalu Dekat dan Lama

Menatap layar monitor terlalu dekat atau dalam waktu lama membuat mata bekerja lebih keras. Pada akhirnya, mata akan kelelahan dan fungsinya melemah. Lama-kelamaan, mata minus akan semakin bertambah parah.

Tidak Rutin Memakai Kacamata Minus

Penderita miopia yang tidak rutin memakai kacamata atau lensa minus dapat membuat mata semakin berakomodasi untuk menyesuaikan penglihatan. Semakin sering dilakukan, semakin cepat pula pertambahan minus mata yang Anda rasakan.

Sering Terpapar Sinar Ultraviolet

Paparan sinar ultraviolet pada mata dapat menyebabkan kerusakan otot-otot yang menunjang penglihatan. Ini artinya, jika mata sering terpapar sinar ultraviolet, Anda akan mengalami perburukan kondisi mata minus.

Cara Mencegah Mata Minus

Lantas bagaimana mencegah ganguan mata bertambah parah? Sejatinya mata minus memang tidak dapat dicegah, namun perkembangannya dapat diperlambat dengan menjaga kesehatan mata. 

Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, seperti, rutin mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin A, mengistirahatkan mata setelah membaca dengan melihat ke kejauhan selama 20 detik, mengatur jarak baca. 

Kemudian, hindari aktivitas membaca sambil tiduran atau di ruangan dengan cahaya yang kurang, gunakan kacamata hitam saat bepergian di siang hari, untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet secara langsung. 

Selain itu, lakukan pemeriksaan rutin ke dokter mata untuk mengetahui kondisi mata terbaru. Dengan demikian ketika terdapat ada ganguan dapat segera ditangani.

Mata minus memang bukan suatu kondisi berbahaya. Namun, keadaan tersebut bisa menganggu aktivitas atau bahkan menurunkan kualitas hidup seseorang. Maka dari itu, hindari kebiasaan-kebiasaan yang membuat mata minus bertambah parah.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER