01 Agustus 2025
08:57 WIB
Koleksi Hello Kitty Untuk Kaum Kidult Bernostalgia
Hello Kitty merupakan salah satu karakter yang lekat dengan Kidult, orang dewasa yang menyukai mainan anak-anak. Kehadiran koleksi baru memberikan nostalgia bagi mereka.
Penulis: Arief Tirtana
Editor: Satrio Wicaksono
Koleksi Hello Kitty. Foto: Play Nation
JAKARTA - Mainan kini bukan lagi menjadi sesuatu yang identik dengan anak kecil, bahkan belakangan banyak orang dewasa yang tertarik untuk membeli mainan. Kalangan yang kini populer dengan sebutan Kidults (singkatan untuk 'kid' dan 'adult).
Kidult atau orang dewasa yang menyukai mainan anak-anak terbukti menjadi kelompok yang royal membelanjakan uangnya untuk membeli mainan. Menurut riset Circana, jumlah transaksi yang dikeluarkan untuk membeli mainan mencapai sekitar US$ 1,8 triliun pada Kuartal I-2025. Sementara jumlah pertumbuhan konsumen orang dewasa (18 tahun ke atas) meningkat 12% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2024.
Populernya mainan di kalangan Kidults salah satunya didukung oleh tren collectibles item yang kini bermunculan. Baik collectibles item yang hadir dengan karakter baru, seperti boneka Labubu hingga karakter-karakter ikonik, seperti karakter Hello Kitty yang sudah ada sejak tahun 1974.
Dihadirkannya kembali karakter ikonik seperti Hello Kitty ini menjadi faktor penting dalam meningkatnya penjualan collectibles item saat ini. Salah satu faktor utama yang mendorong minat pembeli adalah hubungan emosional terhadap karakter yang ditampilkan.
Hello Kitty merupakan karakter utama dari perusahaan hiburan asal Jepang, Sanrio, telah menjadi sahabat masa kecil yang dicintai oleh generasi Kidults. Karenanya, kehadiran karakter ini kembali mampu menghadirkan perasaan bahagia dan nostalgia.
Melihat adanya fenomena tersebut, Play Nation Singapore melakukan kolaborasi bersama Kidz Station Indonesia, meluncurkan dua koleksi eksklusif collectibles item karakter-karakter Sanrio, yaitu Konbini Building Blocks dan Me!Time Building Blocks Blind Box.
"Kemitraan dengan Kidz Station Indonesia merupakan pencapaian penting bagi Play Nation. Kami sangat antusias menghadirkan koleksi Sanrio terbaru ini, di mana karakter-karakternya sangat dekat dengan para penggemarnya di Indonesia. Rangkaian koleksinya akan menghadirkan cara yang unik untuk berinteraksi dengan tiap karakter yang akan membawa kenangan penuh keceriaan," kata Co-founder Play Nation, Kai Lin Wong dalam keterangan resminya.
Konbini Building Blocks merupakan collectibles item yang bisa dirakit. Terdiri dari lima desain yang menggambarkan jika karakter ikonis Sanrio menjadi makanan siap saji ala konbini atau minimarket di Jepang.
Pilihan desainnya terdiri dari Hello Kitty Ready-to-Eat Rice Set, Cinnamoroll Sugar Roll, Pompompurin Instant Ramen, My Melody Strawberry Milk, dan Kuromi Coffee & Donut Set. Para penggemar dapat merakit lima desain unik ini, untuk dipajang sebagai koleksi bernuansa nostalgia yang manis.
Sementara koleksi Me!Time Building Blocks Blind Box menghadirkan enam desain yang bisa didapatkan secara acak oleh penggemar Hello Kitty, tanpa bisa memilih desain yang mereka inginkan, sesuai dengan konsep blind box yang diusung.
Desain karakter Sanrio yang dihadirkan mencakup Hello Kitty Art Jam, Cinnamoroll Bubble Bliss, My Melody Sunshine Meadows, Pompompurin Gym Junkie, dan Kuromi Little Superstar. Selain itu, Sanrio juga akan menghadirkan satu karakter dengan desain eksklusif yang mereka rahasiakan. Semua collectibles item terbaru Sanrio ini sudah tersedia di semua toko Kidz Station Indonesia saat ini.