c

Selamat

Kamis, 28 Maret 2024

KULTURA

22 September 2021

11:05 WIB

Kolaborasi Balenciaga X Fortnite Bikin Pakaian Nyata Dan Maya

Belenciaga bukan hanya mengeluarkan koleksi dalam satu bentuk saja. Melainkan juga dua arah, baik itu koleksi pakaian fisik yang nyata bisa digunakan manusia.

Penulis: Arief Tirtana

Editor: Rendi Widodo

Kolaborasi Balenciaga X Fortnite Bikin Pakaian Nyata Dan Maya
Kolaborasi Balenciaga X Fortnite Bikin Pakaian Nyata Dan Maya
Koleksi Balenciaga yang jadi outfit di dalam game. Antara/Epic Games

JAKARTA – Di tengah tren kolaborasi perusahaan fesyen dengan produsen game online. Brand pakaian mewah asal Spanyol, Balenciaga menjajaki kerja samanya dengan salah satu game populer saat ini, Fortnite.

Menariknya dalam kerja sama ini, Balenciaga bukan hanya mengeluarkan koleksi dalam satu bentuk saja. Melainkan juga dua arah, baik itu koleksi pakaian fisik yang nyata bisa digunakan manusia.

Maupun juga pakaian maya atau digital, yang bisa digunakan oleh beberapa karakter yang ada dalam gim Fortnite.  

Nantinya beberapa karakter paling populer dalam gim Fortnite, seperti Ramirez, Knight, Doggo, dan Banshee, bisa dimainkan dengan menggunakan pakaian hasil kolaborasi tersebut, yang diberi nama Fortnite's Balenciaga Fit Set tersebut.

Secara umum, desain pakaian tersebut seperti apa yang selama ini ditampilkan Balenciaga dalam koleksinya di area fesyen show. Selain juga untuk menunjang permainan, koleksi pakaian hadir lengkap dengan backbling Balenciaga, kapak, glider, wraps dan beberapa aksesoris lainnya untuk pilihan gaya yang unik.

Dalam kolaborasinya dengan tim desain Balenciaga. Seniman dari di Epic game, selaku perusahaan induk game Fortnite, juga menggunakan teknik baru di Unreal Engine untuk secara akurat mewakili tampilan dan nuansa kain dan desain ikonik Balenciaga.

“Penampilannya terinspirasi dari beberapa koleksi Balenciaga. Secara khusus, Ramirez dan Knight mengambil inspirasi dari koleksi musim gugur 2021, Doggo mengikuti koleksi House's Spring 2021 dan Banshee mengambil inspirasi dari koleksi Musim Semi 2020," kata Emily Levy, Manajer Senior Kemitraan di Epic Games kepada HYPEBEAST.

Sementara untuk pakaian nyata yang bisa digunakan manusia. Balenciaga menghadirkan koleksi, mulai dari topi, T-shirt, hoodies, dan jaket.

Menampilkan logo Balenciaga dan juga Fortnite, pakaian dengan pilihan warna putih, merah dan hitam itu, akan dijual secara terbatas di butik-butik Balenciaga mulai tanggal 20 September 2021 ini.

Buat Balenciaga sendiri. Kolaborasi mereka di game Fortnite, bukanlah kemitraan pertama mereka dengan perusahaan Epic Games.

Sebab sebelumnya, Balenciaga juga sudah menggandeng Epic Games, saat mereka menciptakan game Afterworld, yang dibuat menggunakan Unreal Engine untuk debut koleksi Musim Gugur 2021 mereka.

"Dari sana, kami terus terinspirasi oleh kreativitas komunitas Unreal dan Fortnite. Sangat masuk akal, bagi saya, bahwa kami berkolaborasi lebih jauh dengan menciptakan tampilan Balenciaga otentik ini untuk Fortnite dan seri pakaian Fortnite fisik baru untuk toko kami,” kata Direktur artistik Balenciaga, Demna Gvasalia.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER