29 Agustus 2025
14:26 WIB
Kilmates, Inisiatif Fandom K-pop Indonesia Memperkuat Kampanye Iklim
Fandom K-pop yang tergabung dalam Kpop4Planet membawa optimisme tentang peluang anak muda menggerakkan perubahan, lewat serangkaian kampenye dan aksi untuk kelestarian lingkungan.
Penulis: Arief Tirtana
Editor: Andesta Herli Wijaya
Cinta, salah satu sosok Klimates alias duta kampanye iklim dari komunitas penggemar K-pop. Dok: Kpop4Planet.
JAKARTA - Kpop4Planet kembali menggulirkan kampanye iklim untuk merespon berbagai persoalan lingkungan saat ini. Gerakan global ini mendorong penggemar K-pop untuk bergerak menyelamatkan bumi dengan aksi-aksi nyata.
Terbaru di Tanah Air, Kpop4Planet menginisiasi program "4U (for you): Indonesia" untuk memperkuat suara orang muda dalam komunitas iklim di Indonesia. Di tengah krisis iklim yang kian memburuk, gerakan ini hendak memperkuat suara tentang lingkungan dan mendorong aksi iklim melalui cara yang kreatif.
Lewat program tersebut, Kpop4Planet menciptakan ruang aman untuk diskusi iklim serta mempererat gerakan iklim dan menggabungkannya dengan unsur kultur fandom melalui ambassador. Para penggerak ini disebut sebagai 'Klimates', yang merupakan gabungan kata dari ‘K-pop, climate, dan mates’).
Kpop4Planet mengumpulkan 12 partisipan yang berasal dari enam kota di Indonesia dengan berbagai latar belakang yang berbeda, mulai dari ketua fanbase K-pop, influencer mikro, hingga aktivis muda. Mereka berkumpul mengikuti serangkaian kegiatan untuk memperkuat pemahaman seputar iklim dan masalah lingkungan.
"Aku percaya kalau fandom K-pop punya power yang besar untuk jaga bumi. Lewat Klimates, kita akan bikin isu lingkungan bisa jadi lebih relatable dan fun dengan vibes K-pop!" ujar Cinta, salah satu peserta yang juga merupakan project leader dari penggemar ZERO BASE ONE Indonesia, dalam keterangan tertulis, Jumat (29/8).
Mengikuti Cinta, peserta lainnya yaitu Nunik, yang juga memimpin fanbase bernama MyDay Jars Social Project menyatakan alasannya mengikuti program dan menjadi Klimates adalah untuk mempelajari bagaimana ia bisa lebih aktif menyuarakan isu lingkungan. Kelak, wawasan yang didapatkan akan digerakkan bersama fanbasenya dan mendorong aksi iklim secara kreatif.
Rangkaian lokakarya "4U (for you): Indonesia" diselenggarakan selama tiga hari di Bogor pada tanggal 22 hingga 24 Agustus lalu. Para Klimates didampingi para pakar dari organisasi iklim Yayasan Indonesia Cerah, Enter Nusantara serta influencer Asta Ebrahim dan Puty Puar untuk membantu peserta meningkatkan pengetahuan lingkungan dan membagikan narasi lingkungan melalui media sosial.
"Fans K-pop punya kekuatan yang besar, terlebih di media sosial. Semoga dengan adanya Klimates dapat mendorong fans K-pop lain bersuara untuk melindungi lingkungan dan makhluk hidup yang terancam dari krisis iklim, terutama di Indonesia," ujar Asta Ebrahim.
Baca juga: Greta Thunberg Dan Mogok Sekolah Yang Menggemparkan Dunia
Melalui ambassador Klimates, kampanye ini diharapkan akan memperkuat langkah kolaboratif dalam aksi iklim bersama orang muda dan penggemar K-pop di Indonesia.
Kpop4Planet merupakan inisiatif global yang diluncurkan pada 2021, sebagai organisasi iklim untuk dan dari penggemar K-pop yang mencintai Bumi sekaligus idola K-pop mereka.
Gerakan Kpop4Planet telah muncul secara konsisten untuk menyuarakan perubahan, termasuk dengan berbagai kampanye yang menyoroti praktik tak berkelanjutan di industri K-pop itu sendiri. Sekitar September lalu, para partisipan Kpop4Planet menyatakan protes terbuka terhadap HYBE, perusahaan label yang menaungi ikon K-pop BTS, karena masih menjalankan praktik produksi musik yang tak ramah lingkungan.