Selamat

Senin, 25 Oktober 2021

30 April 2021|10:57 WIB

Kiat Menjadi Konten Kreator Live Streaming

Ada banyak hal yang harus dipersiapka untuk mulai menjadi konten kreator

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageIlustrasi Content Creator. Sumber foto: Shutterstock/dok

JAKARTA - Di tengah majunya teknologi saat ini, berkarya di platform streaming menjadi ruang penghasilan baru yang cukup menjanjikan bagi konten kreator. Ada banyak konten yang hadir di berbagai platform streaming. Konten-konten ini menjadi hiburan alternatif berkualitas untuk masyarakat di tengah pandemi.

Konten yang hadir kian hari kian beragam. Mulai dari acara memasak, talk show seputar topik terkini, kelas bahasa asing, tebak lagu dan asah ilmu pengetahuan, hingga Mabar game online. Sekarang, konten live atau tayangan langsung juga ikut tengah populer.

GoPlay, sebagai layanan streaming yang mendorong konten live streaming ikut membagikan tips bagaimana menjadi content creator live streaming.

Kontennya Harus Kreatif
Kreativitas menjadi modal utama bagi content creator. Konten tidak selalu harus baru, tetapi ada satu ciri khas yang membuatnya berbeda dari konten kreator lain.

Untuk itu, content creator harus rajin riset, update diri dengan tren terbaru, dan memanfaatkan momen-momen tertentu untuk menampilkan konten yang segar. Semisal dengan memanfaatkan momentum bulan Ramadan.

Konsep live streaming garage sale baju atau barang preloved untuk kegiatan amal bisa dijadikan konten yang menarik. Beberapa artis seperti Ibnu Jamil, Ririn Ekawati, Adinia Wirasti, dan Dominique Sanda pun telah melakukannya.

Atau, bisa juga berkolaborasi dengan tokoh agama untuk membahas seputar keutamaan bulan Ramadan. Konten bisa dibalut ringan dengan kuis-kuis menarik mengenai puasa untuk semua usia, sehingga tidak terbatas pada anak-anak dan orang tua saja.

Libatkan Penonton
Keterbatasan ruang gerak selama pandemi membuat penonton beradaptasi dan menikmati hiburan secara virtual. Karenanya, melibatkan penonton saat live streaming bisa menambah keseruan menonton dan merangkul potensi penonton setia.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan content creator. Semisal, menanyakan pendapat penonton melalui kolom chat, memberi kesempatan bagi penonton untuk merekomendasikan hal dengan fitur polling atau meminta dukungan lewat fitur shout out.

Terapkan Jadwal Tetap
Tetap percaya diri jika penonton acara live streaming kamu masih sedikit. Keseruan acara live streaming dengan interaksi aktif secara real time, memang membutuhkan skill host yang mumpuni. Terus berlatih karena untuk sukses memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Salah satu yang bisa mendukung kesuksesan adalah konsistensi dalam menetapkan jadwal jam streaming konten. Konsistensi bisa menjadi kunci dalam menambah jumlah penonton setia.

Penyanyi dan pencipta lagu Arief S Pramono bercerita tentang awal penampilannya sebagai content creator. Waktu itu ia tidak memiliki banyak penonton. Tetapi setelah disiplin mengatur jadwal streaming, belajar mencari tahu apa yang disukai oleh penonton, secara bertahap jumlah penikmat musiknya pun bertambah. (Gemma F Purbaya)

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER