c

Selamat

Jumat, 29 Maret 2024

KULTURA

25 Oktober 2021

19:23 WIB

Kepolisian Prancis Pesan Mobil Sport Baru

Mobil-mobil mewah dan cepat itu nantinya untuk menangani pelanggaran lalu lintas di jalan raya, khususnya pengendara dengan kecepatan melebihi batas aturan.

Penulis: Kevin Sihotang

Editor: Satrio Wicaksono

Kepolisian Prancis Pesan Mobil Sport Baru
Kepolisian Prancis Pesan Mobil Sport Baru
Mobil Alpine A110. Sumber Foto: alpinecars.com/dok

JAKARTA - Mungkin sudah menjadi rahasia umum bahwa kepolisian di setiap negara memiliki armada mobil bermerek mewah, khususnya yang memiliki kapasitas mesin besar dan kecepatan di atas rata-rata. Umumnya, mobil-mobil itu akan dipakai para polisi untuk mengejar para penjahat yang kabur dari pengawasan atau pemeriksaan. 

Polisi di Dubai memiliki armada mobil tercepat di dunia, Bugatti Veyron, yang sanggup menempuh kecepatan hingga 407 km/jam. Kemudian, kepolisian di Jepang memiliki mobil-mobil Nissan GT-R yang sanggup mencapai kecepatan 96,5 km/jam hanya dalam 2,5 detik. Sementara itu, kepolisian di Italia memiliki Lamborghini Huracan yang bisa melaju hingga 220 km/jam dalam waktu 10 detik.

Kali ini, kepolisian Prancis yang menambah daftar polisi-polisi dengan mobil sport atau mobil mewah. Dilaporkan Motor 1, kepolisian negeri romantis itu baru saja memesan 26 unit mobil Alpine A110, mobil sport kelas menengah buatan Prancis sendiri yang mampu menempuh kecepatan 100 km/jam dalam waktu 4,5 detik. 

Kementerian Dalam Negeri Prancis mengklaim, mobil-mobil Alpine itu akan dipakai oleh National Gendarmerie, sebuah badan kepolisian Prancis yang bertanggung jawab atas kawasan kota-kota kecil dan daerah pedesaan dengan penduduk kurang dari 20.000 jiwa. 

Mobil-mobil itu akan “ditugaskan” menangani pelanggaran lalu lintas di jalan raya, khususnya pengendara dengan kecepatan melebihi batas aturan. Ini juga merupakan upaya kepolisian Prancis untuk meningkatkan keamanan di jalanan sembari mengawasi potensi kejahatan lain yang mungkin muncul, seperti perdagangan narkoba. 

Di sisi lain, pihak kepolisian yang bertugas mengawasi kota-kota besar bernama Police Nationale. Belum diketahui apakah polisi kota ini juga akan kebagian mobil yang sama atau diberikan mobil lain. Biasanya, kepolisian di Prancis akan menggunakan mobil-mobil buatan Peugeot, Renault, dan Citroen.

Alpine A110 ditenagai oleh mesin 1,8 liter turbocharged yang menghasilkan 249 tenaga kuda (185 kilowatt) dan torsi 236 pound-feet (320 Newton-meter). Untuk harga, Alpine A110 dibanderol senilai US$68 ribu atau setara Rp964,6 juta (kurs Rp14.185). 

Dengan hadirnya mobil-mobil berkecepatan tinggi ini, tentu para pelanggar hukum harus berpikir dua kali sebelum melakukan tindakan yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER