c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

KULTURA

17 September 2024

10:21 WIB

Kenalan Dengan Labubu, Karakter Pop Dari Cerita Anak "The Monsters"

Labubu menjadi viral dan populer termasuk di Indonesia setelah digunakan sebagai aksesoris oleh Lisa BLACKPINK.

Penulis: Siti Nur Arifa

Editor: Rendi Widodo

<p>Kenalan Dengan Labubu, Karakter Pop Dari Cerita Anak &quot;The Monsters&quot;</p>
<p>Kenalan Dengan Labubu, Karakter Pop Dari Cerita Anak &quot;The Monsters&quot;</p>

Karakter Labubu The Monsters yang viral setelah jadi aksesori LISA BLACKPINK. Instagram/@kasinglung

JAKARTA - Pada Jumat (13/9), ratusan orang terlihat membentuk antrean panjang di depan gedung pusat perbelanjaan Gandaria City, Jakarta Selatan, hanya demi mendapatkan kesempatan membeli gantungan kunci Labubu di Pop Mart mall tersebut.

Tak tanggung-tanggung, kebanyakan dari mereka yang mengantre bahkan ada yang rela datang sejak subuh dini hari demi mendapat nomor antrean kecil atau untuk membeli aksesori tersebut.

Setelahnya, beredar juga di lini masa video orang-orang yang mengajukan protes dan bersitegang lantaran kecewa tidak mendapat gantungan kunci Labubu yang sudah habis dibeli.

Dibanderol dengan harga yang tidak murah, satu gantungan kunci Labubu dijual dengan harga mulai dari Rp200.000 hingga Rp2,5 juta untuk edisi termahalnya.

Bahkan hingga kini, aksesoris tersebut masih diburu dan menjadi perbincangan hangat tersendiri.

Lantas seberapa istimewa dan apa sebenarnya Labubu?

Karakter Kartun asal Tiongkok
Labubu merupakan salah satu karakter dari sebuah cerita anak asal Tiongkok berjudul "The Monsters" karangan Kasing Lung yang dibuat pada 2015, dan terinspirasi dari mitologi Nordik. Kemudian, dielaborasi dengan imajinasi anak-anak yang bebas.

Inti dari cerita yang dibawa dalam kartun tersebut mengisahkan tentang kehidupan di kampung monster yang ditinggali oleh berbagai karakter dengan sifat baik dan jahat, di antaranya Zimomo, Tycoco, Spooky, dan Labubu.

Dari berbagai macam karakter di atas, karakter Labubu yang paling terkenal. Karakter ini digambarkan berupa peri kecil (elf) dengan ciri khas telinga runcing panjang, sembilan gigi tajam yang mencuat dari mulut, tubuh mungil, dan senyum menyeringai yang nakal.

Dalam versi cerita, Labubu sebenarnya digambarkan sebagai karakter perempuan, namun penggemar sering mengira karakter ini sebagai laki-laki.

Sejak 2019, Kasing Lung menyepakati kontrak lisensi dengan Pop Mart International untuk membuat karakter Labubu menjadi salah satu ikon yang dikomersialkan, termasuk di antaranya dibuat menjadi aksesoris seperti gantungan kunci.

Pop Mart juga merilis Labubu dalam bentuk mainan koleksi dengan format blind box. Penggemar dapat membeli kotak Labubu tanpa mengetahui varian apa yang akan didapat di dalamnya.

Sekadar informasi, hingga Juli 2024 Pop Mart telah mengeluarkan dua versi Labubu di mana versi pertama menggambarkan Labubu yang berdiri tegak, dan versi kedua Labubu versi duduk. Keduanya dirilis dengan berbagai warna dan nama.

Namun selain konsep blind box dengan dua versi di atas Pop Mart juga membuat versi yang lebih eksklusif atau limited edition, yakni karakter rahasia yang dibuat dengan perbandingan 1:72 dibandingkan dengan Labubu versi biasa.

Labubu edisi khusus ini dinamakan Chestnut Cocoa dengan warna cokelat khusus. untuk harga aslinya sendiri dibanderol sekitar Rp1,3 juta per set.

Meski sudah hadir sejak lima tahun lalu, namun popularitas Labubu di Indonesia baru terasa belakangan, lantaran Pop Mart baru membawa karakter tersebut ke tanah air.

Popularitas barang ini kian bertambah setelah Lisa BLACKPINK juga kedapatan menggunakan aksesori tersebut, sehingga banyak penggemar yang ingin memakai barang serupa.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar