Kaldu Jamur, Solusi Untuk Plant-Based Food | Validnews.id

Selamat

Sabtu, 27 November 2021

24 November 2021|18:18 WIB

Kaldu Jamur, Solusi Untuk Plant-Based Food

Kaldu tersebut untuk pertama kalinya mengombinasikan antara ekstrak jamur serta mirepoix atau kaldu sayur untuk membantu para pebisnis kuliner menambah kelezatan di berbagai menu sehat.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Rendi Widodo

Kaldu Jamur, Solusi Untuk <i>Plant-Based Food</i>Kaldu jamur dari Knorr Unilever Food Solutions. Dok. Unilever

JAKARTA - Kaldu merupakan salah satu bumbu wajib yang digunakan ketika memasak. Kaldu bisa menambah cita rasa masakan sehingga makanan terasa jauh lebih enak. 

Namun, kaldu yang ada pasaran saat ini masih kebanyakan didominasi berbasis hewani. Bagaimana dengan kaldu yang berbasis nabati?

Meningkatnya tren gaya hidup lebih sehat menjadi peluang besar bagi para pebisnis kuliner dalam menyajikan pilihan makanan yang lebih sehat dan bernutrisi bagi masyarakat. Plant-based foods pun sudah semakin dengan keseharian masyarakat Indonesia. 

Apalagi, semenjak pandemi. Masyarakat sudah mulai concern untuk mengganti makanan olahan, daging merah, dan gula ke alternatif yang lebih sehat.

Sayangnya, masih banyak anggapan masyarakat yang mengatakan kalau makanan sehat umumnya tidak lezat dan cenderung hambar. Salah satunya adalah karena tidak ada penggunaan kaldu dalam masakan mereka. 

Atas dasar hal itulah, Unilever Food Solutions meluncurkan Knorr Mushroom and Vegetable Seasoning.

Kaldu tersebut untuk pertama kalinya mengkombinasikan antara ekstrak jamur serta mirepoix atau kaldu sayur untuk membantu para pebisnis kuliner menambah kelezatan di berbagai menu sehat, termasuk plant-based food yang semakin kian digemari. 

Belum lagi, berdasarkan laporan Tren F&B Indonesia 2021 yang dilakukan oleh Grab NEXT, ditemukan bahwa 7 dari 10 orang Indonesia mengaku ingin lebih teratur mengonsumsi menu makanan sehat.

"Dengan mengusung pesan 'Kini Masakan Sehat Bisa Seenak Itu', kehadiran Knorr Mushroom and Vegetable Seasoning ini dapat membantu para chef dan pebisnis kuliner untuk terus berkembang, memanfaatkan tren, dan memuaskan konsumen yang makin menggemari pola makan sehat," kata Managing Director Unilever Food Solutions, Joy Tarigan, dalam konferensi persnya, Selasa (23/11).

Jamur memang sudah cukup umum digunakan sebagai kaldu, namun memang jarang terdengar jika dibandingkan dengan kaldu berbasis hewan lainnya seperti ayam dan sapi. Jamur menghasilkan rasa umami alami yang dapat menguatkan cita rasa suatu hidangan.

Sayangnya, sering kali rasa kaldu jamur yang dicampurkan ke makanan mendominasi. Untuk itulah, mereka menambahkan mirepoix yang sering digunakan di dapur profesional agar dapat menyeimbangkan dan memantapkan berbagai hidangan sehat yang disajikan. 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER