c

Selamat

Jumat, 29 Maret 2024

KULTURA

23 Juli 2021

08:18 WIB

Instagram Hadirkan Translate Otomatis Di Instastory

Dapat menerjemahkan teks dari 90 bahasa di dunia

Penulis: Arief Tirtana

Editor: Satrio Wicaksono

Instagram Hadirkan <i>Translate</i> Otomatis Di Instastory
Instagram Hadirkan <i>Translate</i> Otomatis Di Instastory
Ilustrasi instagram. Shutterstock/dok

JAKARTA – Instagram ingin semakin memanjakan penggunanya di seluruh dunia. Terbaru, media sosial berbasis foto dan video itu mengeluarkan fitur translate (terjemahan) otomatis, yang bisa digunakan di layanan instastory.

Seperti diumumkan Instagram lewat cuitan di akun twitter resmi mereka. Terjemahan otomatis itu akan muncul dalam bentuk pop up yang ada di bagian kiri atas instastory yang dilihat pengguna.

Mereka cukup menekan (klik) pop up tersebut, hingga kemudian semua teks yang ada dalam instastory tersebut akan diterjemahkan secara otomatis, tanpa perlu keluar dari halaman yang mereka sedang saksikan.

"Saat Anda menonton instastory dengan teks, Anda akan mendapatkan pemberitahuan 'Lihat Terjemahan', jika bahasa yang digunakan di instastory tersebut berbeda dengan bahasa Anda," tulis instagram dalam cuitannya, Kamis(22/7).

Saat menekan pop up terjemahan, secara otomatis segala teks yang ada di instastory akan diterjemahkan, lewat kemunculan pop up lainnya dari bagian bawah halaman yang dibuka.

Saat ini fitur tersebut dapat menerjemahkan berbagai teks dari 90 bahasa yang ada di dunia. 

Dalam terjemahan kalimatnya akan menyesuaikan dengan setelan atau pilihan bahasa yang ada di aplikasi atau smartphone pengguna masing-masing.

Sebagai contoh, jika di aplikasi pengguna setelan bahasanya adalah bahasa Inggris, maka semua teks akan diterjemahkan menjadi bahasa Inggris. Begitupun jika setelan bahasa yang digunakan di aplikasi atau smartphone adalah bahasa Indonesia.

Sayangnya memang fitur terjemahan ini baru sebatas bisa mendeteksi kalimat teks, belum mencakup ucapan atau audio yang ada dalam instastory.

Meski begitu, ada cara lain untuk tetap mengakali kemungkinan untuk menerjemahkan audio di instastory. Yakni dengan terlebih dulu mengubah audio tersebut menjadi tulisan menggunakan fitur teks otomatis, yang juga belum lama ini dikeluarkan Instagram.

Setelah mengubah audio menjadi teks, barulah gunakan fitur terjemahan untuk mengubahnya menjadi sesuai dengan bahasa yang diinginkan.

Di dunia media sosial, fitur serupa yang dikeluarkan Instagram ini sebenarnya bukan barang baru. Jauh sebelumnya, aplikasi video TikTok sudah memiliki fitur serupa yang mereka namakan "subtitle". 

Seperti Instagram, kemunculan fitur subtitle tersebut juga dimaksudkan agar jangkauan pengguna mereka semakin luas, bisa memahami konteks sebuah foto atau video meskipun berasal dari negara yang bahasanya tak dimengerti oleh mereka.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER