21 Juli 2022
20:32 WIB
Penulis: Arief Tirtana
Editor: Satrio Wicaksono
JAKARTA - Berdasarkan laporan World Hotel Index, hotel-hotel di Indonesia saat ini tengah dibanjiri reservasi dari wisatawan asing yang akan mengunjungi tanah air. World Hotel Index sendiri merupakan indikator terkemuka di dunia untuk melihat tren reservasi hotel dan kedatangan tamu milik SiteMinder.
Tren reservasi hotel-hotel di Indonesia oleh wisman terus meningkat mulai Februari 2022 hingga saat ini. Sedikitnya 45% reservasi yang masuk ke hotel-hotel partner SiteMinder dilaporkan berasal dari wisatawan asing.
Menurut SiteMinder, tren peningkatan jumlah pemesan hotel tersebut terjadi seiring dengan dilonggarkannya berbagai aturan bagi pelaku perjalanan luar negeri yang masuk ke Indonesia.
Jika dibandingkan dengan era sebelum pandemi, jumlah pemesanan di hotel-hotel partner SiteMinder yang ada di Indonesia saat ini dilaporkan berada di level 94%, dalam perhitungan masa normal tahun 2019.
Regional Vice President Asia Pacific SiteMinder, Bradley Haines mengatakan, data tersebut pada dasarnya membuktikan tingginya tingkat ketergantungan hotel-hotel di Indonesia terhadap pelaku perjalanan internasional.
Dampaknya penurunan terasa saat dibatasinya pergerakan global dalam beberapa tahun terakhir, dan langsung meningkat saat pembatasan tersebut mulai diperlonggar.
"Ciri dari masa pandemi ini yang diperlihatkan oleh data yang kami pegang adalah betapa cepatnya segala sesuatu dapat berubah," kata Bradley Haines.
Bersamaan dengan kenaikan reservasi hotel oleh wisatawan asing di Indonesia tersebut, SiteMinder juga baru saja meluncurkan platform generasi terbaru guna mendukung industri perhotelan di tanah air bisa semakin lebih baik.
Pihaknya percaya bahwa teknologi tidak semata bisa digunakan untuk membantu bisnis-bisnis di Indonesia untuk tetap bertahan, namun juga agar berkembang saat negara ini kembali menyambut dunia nanti.
Platform baru SiteMinder menyediakan satu tempat bagi operator hotel untuk menjual, memasarkan, mengelola, dan mengembangkan bisnis mereka. Selain juga menawarkan jalur yang fleksibel bagi para pelaku bisnis perhotelan untuk memulai, meningkatkan atau memperluas skala bisnisnya melalui teknologi distribusi dan pemasaran mereka.
"Dengan ribuan operator hotel besar dan kecil di Indonesia yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perekonomian negara, namun tidak memiliki akses ke teknologi yang kami sediakan, ada peluang luar biasa yang menanti setiap penyedia akomodasi di Indonesia saat ini dengan dibukanya perjalanan internasional," yakin Bradley Haines.
Sementara itu Reza Rizky, selaku E-Commerce and Digital Marketing Manager di Citradream Hotels by Ciputra dengan properti di Cirebon, Semarang, Bandung, Yogyakarta, dan Bintaro mengaku telah merasakan manfaat dari SiteMinder.
Sebagai mitra yang telah bekerja sama sekitar satu dekade, diakui Rizky, SiteMinder telah menjadi partner teknologi yang stabil dalam apapun kondisinya, sehingga sangat membantunya dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari mengurus hotel.
"Saya bangga menjadi klien pertama SiteMinder di Indonesia dan telah bekerja sama lebih dari satu dekade. Hal yang paling saya sukai dari teknologi mereka adalah user experience yang sangat mudah dimengerti. Mereka juga memiliki sebuah tim lokal yang merupakan nilai tambah tersendiri," tuturnya.