Selamat

Kamis, 18 Agustus 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

01 Oktober 2021

10:01 WIB

Honda Mulai Rambah Luar Angkasa Dengan Roket Kecil

Honda sedang mengembangkan roket kecil dengan tujuan untuk menggunakannya sebagai kendaraan peluncuran untuk satelit orbit rendah bumi kecil.

Editor: Rendi Widodo

Honda Mulai Rambah Luar Angkasa Dengan Roket Kecil
Desain roket kecil yang tengah dikembangkan Honda. Antara/Honda

JAKARTA – Honda yang diam-diam punya ambisi untuk bisa mengeksplorasi luar angkasa, termasuk Bulan, kini tengah mengembangkan roket kecil dan kemungkinan untuk membangun sistem energi di sana.

Area baru yang akan ditekuni Honda ini termasuk pesawat lepas landas dan pendaratan vertikal listrik, robot avatar dengan tujuan untuk memperluas jangkauan kemampuan manusia dan tantangan baru di bidang luar angkasa, kata Honda dikutip dari Antara, Jumat (1/10).

Pengembangan roket ini diprakarsai oleh proposal yang dibuat oleh para insinyur muda Honda yang ingin membangun roket kecil dengan memanfaatkan teknologi inti, seperti teknologi pembakaran dan kontrol, yang telah dikumpulkan Honda melalui pengembangan berbagai produk.

Satelit buatan sangat diperlukan untuk berbagai tujuan termasuk pengamatan lingkungan global, seperti pemanasan global dan kondisi cuaca yang tidak normal dan juga untuk memungkinkan komunikasi area luas, yang merupakan sarana efektif untuk menyediakan konektivitas ke produk mobilitas.

Namun, saat ini, tidak ada cukup roket yang tersedia untuk memenuhi permintaan peluncuran satelit. Untuk mengatasi masalah ini, Honda sedang mengembangkan roket kecil dengan tujuan untuk menggunakannya sebagai kendaraan peluncuran untuk satelit orbit rendah bumi kecil.

Apalagi, Honda sedang melakukan penelitian dengan asumsi membuat roketnya “dapat digunakan kembali” dengan memungkinkan setidaknya beberapa komponen roket mendarat kembali di bumi setelah peluncuran.

Untuk tantangan ini, Honda akan berusaha untuk memanfaatkan teknologi kontrol dan panduan yang telah dikumpulkan Honda melalui pengembangan teknologi mengemudi otomatis.

Dengan langkah Honda dan beberapa kelompok konglomerat dunia yang berambisi mengeksploitasi luar angkasa dengan pengembangan kendaraan-kendaraan luar angkasa semakin menggambarkan bahwa perkembangan serta persaingan bisnis atau kepentingan luar angkasa bakal kian terasa pada masa mendatang.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER

Smart Supply-Demand Kuatkan Pertumbuhan Industri Logam

Marvel Rilis Serial "She-Hulk: Attorney at Law" Hari Ini

Gerindra: Pidato Ketua MPR Soal PPHN Sesuai Rapat Gabungan

Program Makmur Tingkatkan Produktivitas Tebu Petani

iPhone 14 Akan Dikenalkan Bulan September

BMKG Ingatkan Gelombang Sangat Tinggi Selatan Jawa

IHSG Kamis Berpotensi Melemah

Baru Bebas, KPK Tangkap Eks Wali Kota Cimahi