c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

KULTURA

17 Oktober 2024

18:41 WIB

Honda Kembangkan Mobil Listrik Bertransmisi Manual Dengan Pedal Kopling

Honda dikabarkan telah mengembangkan transmisi manual lengkap dengan pedal kopling untuk kendaraan listrik yang akan datang. 

Penulis: Arief Tirtana

Editor: Satrio Wicaksono

<p>Honda Kembangkan Mobil Listrik Bertransmisi Manual Dengan Pedal Kopling</p>
<p>Honda Kembangkan Mobil Listrik Bertransmisi Manual Dengan Pedal Kopling</p>
Battery Electric Vehicle (BEV) "Honda E" yang dipamerkan di Karawang, Jawa Barat, Senin (10/4/2023). Antara/Pamela Sakina


JAKARTA - Bagi Anda yang terbiasa menggunakan mobil dengan transmisi mesin manual dan berencana untuk pindah ke kendaraan listrik, tenang, belakangan beberapa produsen tengah melakukan pengembangan. Honda misalnya, dikabarkan telah mengembangkan transmisi manual lengkap dengan pedal kopling untuk kendaraan listrik yang akan datang.

Namun, tidak seperti pada mobil mesin konvensional, transmisi tersebut bekerja dengan perangkat lunak yang mengendalikan sistem penggerak listrik untuk mensimulasikan sensasi perpindahan gigi, bukan pengaturan mekanis yang sebenarnya.

Menurut laporan Motor Authority yang dikutip dari Drive, informasi tersebut diungkapkan oleh seorang teknisi Honda belum lama ini selama uji coba prototipe untuk keluarga EV Seri 0 yang akan datang. Meskipun teknisi tersebut tidak mengatakan apakah ada rencana untuk memasukkan fitur tersebut ke dalam produksi.

Pasalnya, motor listrik menghasilkan torsi penuh dari nol rpm, kendaraan listrik tidak memerlukan transmisi multi-gigi seperti pada kendaraan bertenaga gas. Itulah sebabnya sebagian besar EV dilengkapi dengan transmisi otomatis kecepatan tunggal, dan dalam beberapa kasus ketika efisiensi kecepatan tinggi diperlukan, transmisi dua kecepatan digunakan.

Transmisi manual seperti yang dikembangkan Honda akan membuat pengalaman mengendara yang lebih menyenangkan. Dapat memberikan lapisan emosi ekstra, seperti pada mobil konvensional yang dilengkapi transmisi manual.

Selain Honda, alasan itulah yang membuat Toyota juga mengembangkan transmisi manual untuk kendaraan listrik besutannya, dan bahkan berencana untuk memproduksinya, terlebih desain Toyota juga mensimulasikan perpindahan gigi.

Sebelumnya, Hyundai telah memperkenalkan perangkat lunak yang mensimulasikan perpindahan gigi pada Ioniq 5 N, meskipun produsen mobil tersebut tidak mengembangkan pedal kopling untuk mengoperasikan sistem tersebut. Pada Ioniq 5 N, perangkat lunak tersebut mensimulasikan perpindahan gigi transmisi otomatis kopling ganda 8-percepatan.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar