Selamat

Minggu, 20 Juni 2021

TEKNO

11 Mei 2021|13:13 WIB

Harley-Davidson Luncurkan LiveWire Sebagai Brand Motor Listrik

LiveWire akan dijadikan produsen motor listrik, bukan lagi tipe motor

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageHarley-Davidson LiveWire. Sumberfoto: harley-davidson.com

JAKARTA – Pabrikan motor asal Amerika Serikat, Harley-Davidson dikabarkan akan meluncurkan merek baru, LiveWire, yang dikhususkan untuk memproduksi sepeda motor listrik. Peluncuran akan dilakukan pada 8 Juli mendatang, di Pameran International Motorcycle Show di Amerika Serikat.

Seperti diketahui sebelumnya, Harley-Davidson telah memproduksi sepeda motor listrik yang mereka beri nama LiveWire dan telah dipasarkan sejak tahun lalu.

Namun, baru-baru ini dikabarkan bahwa LiveWire bukan sekadar menjadi tipe motor yang dikeluarkan pabrikan motor yang telah berdiri sejak tahun 1903 itu. Melainkan akan mereka kembangkan menjadi merek (brand) sendiri, yang difokuskan untuk memproduksi sepeda motor listrik.

Dengan ide tetap terikat secara finansial dengan perusahaan induk Harley-Davidson, LiveWire akan terus dikembangkan untuk nantinya bisa membentuk identitas mereknya sendiri yang berbeda dari Harley-Davidson.

Lebih jauh, LiveWire diharapkan bisa berinovasi dan mengembangkan teknologi yang akan diterapkan pada sepeda motor listrik Harley-Davidson di masa depan.

"Dengan misi untuk menjadi merek sepeda motor listrik yang paling diinginkan di dunia, LiveWire akan merintis masa depan sepeda motor, untuk mengejar petualangan perkotaan dan seterusnya," kata Jochen Zeitz, ketua, presiden, dan CEO Harley-Davidson, dikutip dari theverge.com

"LiveWire juga berencana untuk berinovasi dan mengembangkan teknologi yang akan diterapkan pada sepeda motor listrik Harley-Davidson di masa depan," tambah Jochen Zeitz.

Untuk mengembangkan LiveWire, Harley-Davidson dikabarkan telah menyiapkan logo baru dan juga kantor pusat "virtual" baru, lengkap dengan tim teknik yang ditempatkan di Silicon Valley dan Milwaukee.

Penjualan LiveWire
Untuk penjualan, LiveWire dikabarkan masih akan bekerja sama dengan dealer Harley-Davidson sebagai merek independen, dengan perpaduan format ritel digital dan fisik.

Sementara untuk penjualan online, terutama secara internasional, konsumen masih harus sedikit bersabar. Berkaca pada jawaban salah satu juru bicara LiveWire, seperti dikutip dari halaman theverge.com. "Itu tergantung pada negara bagian (di Amerika Serikat) tempat Anda tinggal," kata juru bicara.

"LiveWire menciptakan jalur pembelian yang memungkinkan kami memenuhi ekspektasi untuk pengalaman pembelian yang mengutamakan digital, didukung oleh jaringan dealer yang berkomitmen yang memungkinkan pelanggan memilih jalur dan model keterlibatan mereka."

Meski dikembangkan dengan rencana yang besar, beberapa pihak masih meragukan perkembangan LiveWire di pasaran motor listrik, khususnya di Amerika Serikat.

Tahun lalu, Reuters melaporkan bahwa rencana perusahaan untuk menarik generasi muda pengendara sepeda motor dengan LiveWire masih bermasalah.

Terlihat dari sebagian besar penjualan (prapesan) yang hanya datang dari pelanggan yang lebih tua atau yang sudah ada sebelumnya, bukan dari kalangan yang lebih muda. Apa lagi penjualan keseluruhan Harley-Davidson stagnan akhir-akhir ini setelah mencapai titik terendah mereka di tahun 2018.

Beberapa pihak menilai, masalah itu bisa jadi muncul karena harga yang sangat tinggi. Dengan bandrol dimulai dari US$29.799, harga satu buah motor listrik LiveWire tidak jauh lebih murah daripada mobil listrik Tesla Model 3. 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA