Google Bikin Robot Untuk Bersih-Bersih | Validnews.id

Selamat

Rabu, 01 Desember 2021

22 November 2021|21:00 WIB

Google Bikin Robot Untuk Bersih-Bersih

Kami membayangkan dunia di mana robot bekerja bersama kami dalam melakukan tugas sehari-hari seperti memilah sampah, mengelap meja di kafe, atau merapikan kursi di ruang rapat.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Rendi Widodo

Google Bikin Robot Untuk Bersih-BersihEveryday Robot yang sedang diprogram oleh tim X Alphabet. Dok. X.company

JAKARTA - Alphabet, perusahaan induk dari Google mengumkan kehadiran sebuah robot yang bisa mengerjakan berbagai pekerjaan bersih-bersih baik di rumah maupun kantor, dengan nama "Everyday Robot".

Everyday Robot dikembangkan oleh sebuah tim dalam laboratorium eksperimental X Alphabet, yang dipimpin oleh Hans Peter Brøndmo sebagai Chief Robot Officer.

Bersama timnya, Hans telah bekerja selama beberapa tahun terakhir untuk melihat kemungkinan mengajarkan robot melakukan tugas yang berguna di ruang yang berantakan.

"Kami membayangkan dunia di mana robot bekerja bersama kami, membuat tugas sehari-hari — seperti memilah sampah, mengelap meja di kafe, atau merapikan kursi di ruang rapat — lebih mudah," tulis Hans dalam keterangan di halaman resmi X Labs.

Lewat pengumumannya tersebut Hans juga mengungkapkan bahwa proses pengembangannya kini telah memasuki tahap uji coba, dengan menghadirkan 100 purwarupa Everyday Robot untuk melakukan berbagai kegiatan bersih-bersih di arena kantor mereka.

Robot-robot tersebut ditugaskan menghisap debu, membersihkan meja, memilah sampah, mengangkat cangkir, termasuk membuka pintu.

"Sekarang kita telah melihat tanda-tanda bahwa membuat robot yang bisa diajarkan pekerjaan umum adalah mungkin," tukas Hans.

Dalam foto dan video yang dibagikan di halaman mereka, terlihat bahwa Everyday Robot adalah robot setinggi sekitar 1,5 meter yang memiliki satu lengan di bagian kanannya.

Lengan tersebut, memiliki penggenggam (gripper) serba guna yang bisa membuat mereka, menggenggam pembersih debu, cangkir hingga pintu.

Sementara itu, di bagian atasnya dilengkapi kepala yang terpasang kamera dan sensor yang membuat mereka bisa melihat dan mendeteksi lingkungan.

"Menggunakan kombinasi teknik pembelajaran mesin seperti pembelajaran penguatan, pembelajaran kolaboratif, dan pembelajaran dari demonstrasi, robot telah mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dunia di sekitar mereka dan menjadi lebih terampil dalam melakukan tugas sehari-hari," terang Hans.

Selain itu, di bagian bawahnya yang berbentuk persegi dengan dua roda kecil di bagian depannya, dipasangkan juga sebuah baki atau nampan yang kemungkinan besar sebagai tempat robot untuk menyimpan cangkir atau piring setelah dibersihkan dari meja.

Bagaimana, apakah kalian tertarik punya asisten rumah tangga sebuah robot?

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA